Tips Melamar Kerja Agar Diterima


Lapangan pekerjaan di Negeri yang besar ini memang masih sangat sempit. Padatnya jumlah penduduk tidak diimbangi dengan quoto lowongan pekerjaan yang memadai. Maklum, Negeri tercinta ini memang masih mengalami banyak kendala ekonomi sehingga tidak mengherankan jika lowongan yang teredia untuk warganya masih sangat terbatas.

Quota pekerjaan yang sangat terbatas dan jumlah pelamar yang begitu banyak pastinya akan semakin memperkecil potensi seorang pelamar untuk dapat diterima. Oleh yang demikian, maka sudah semestinya para calon pelamar untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melamar agar permohonan yang diajukan tidak menjadi sia-sia. Persiapkan data-data pendukung untuk disertakan dalam surat lamaran kerja yang akan dikirimkan, seperti surat keterangan kerja, daftar riwayat hidup dan sebagainya.

Tips melamar kerja yang baik agar dapat diterima


  1. Buatlah surat lamaran kerja yang menarik, jelas dan lengkap.
  2. Tonjolkan personaliti anda melalui surat lamaran yang anda kirim. Deskripsikan diri anda sebaik mungkin sebagaimana diri anda yang sebenarnya, dan jangan menjadi orang lain.
  3. Cantumkan data-data pendukung, seperti surat pengalaman kerja (jika ada), sertifikat yang berkaitan, dsb.
  4. Jangan menunjukkan kesan menyombongkan diri dengan terlalu banyak mengulas kualifikasi dan kemampuan anda. Cukup tuliskan yang sepantasnya saja.
  5. Sertakan info biodata diri yang sangat lengkap, mulai dari alamat, kontak akses, nomor telepon, dll.
  6. Jika mendapat panggilan wawancara/interview datanglah tepat waktu, dan jangan sampai telat satu menit pun.
  7. Sewaktu dalam proses wawancara anda harus terlihat tegas, lugas dan enerjik. Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan sebaik dan sejujur mungkin.
  8. Jangan menunjukkan kesan bahwa anda terlalu membutuhkan pekerjaan tersebut, karena hal ini tidak akan berpengaruh terhadap penilaian bagian personalia.
  9. Jangan terlalu tegang. Cukup bersikap biasa-biasa saja, tetapi perlihatkan sikap yang profesional.
  10. Apabila anda ditanya perihal gaji, jangan meminta gaji yang melambung. Usahakan anda tidak menyebutkan nominalnya. Jika yang bersangkutan memaksa anda untuk menyebutkan, berikan jawaban yang serasional mungkin sesuai dengan posisi yang akan anda tempati.

Demikian tips untuk melamar kerja, semoga berguna buat anda.

Related posts:

No response yet for "Tips Melamar Kerja Agar Diterima"

Post a Comment