Pentingnya Hakcipta Untuk Blogger

Jangan melanggar hakcipta
File dan dokumen di internet sebagian besar dilindungi oleh hakcipta. Copyright wajib untuk anda perhatikan agar anda bukan termasuk orang yang melakukan tindak pelanggaran terhadap copyright. Bagi komunitas blogger file atau konten berhakcipta wajib untuk mereka perhatikan dengan baik. Kesalahan yang dilakukan oleh seorang blogger dengan banyak menggunakan materi berhak cipta di blognya akan berdampak sangat buruk.

D internet memang tersedia banyak file, namun anda tidak boleh lupa bahwa ada rule terkait keberadaan file/dokumen tersebut. Bagaimana anda bisa menggunakannya, bagaimana anda bisa mendownloadnya, semuanya menggunakan aturan main. File yang berlisensi atau memuat atribut hakcipta tidak boleh anda gunakan dengan semena-mena. Anda terlebih dulu harus mendapatkan izin untuk menggunakannya.

Kesalahan semacam ini sering kali tidak disadari oleh para blogger pemula, padahal kegiatan ini sangat berdampak buruk terhadap masa depan blog yang dikelolahnya. File gambar adalah salah satu jenis file yang sering kali kurang diperhatikan oleh seorang blogger yang baru menekuni bidang blogging. Biasanya ia baru menyadarinya setelah blog yang dia manage sudah memiliki banyak postingan dan pengunjung. Penggunaan material berhakcipta tanpa izin sangatlah merugikan anda, jadi anda harus bisa menghindarinya.

Untuk gambar yang akan digunakan untuk postingan blog anda dapat mencarinya di situs-situs penyedia gambar yang memang disajikan secara gratis (tidak mengandung hakcipta). Banyak situs yang menyediakan file gambar gratis dan tidak mengandung hakcipta. 

Related posts:

No response yet for "Pentingnya Hakcipta Untuk Blogger"

Post a Comment