Tips Mengoreksi Tulisan Secara Cepat

Cara koreksi teks
Penulisan artikel maupun surat kerap kali terdapat penempatan huruf yang salah. Potensi terjadi salah penempatan karakter menjadi kecil apabila artikel atau surat yang anda tulis tidak terlalu panjang. Bagaimana jika artikel yang anda tulis begitu panjang? Biasanya banyak penempatan huruf yang salah. Ada trik khusus untuk menyikapi permasalahan ini. Sebagian blogger menggunakan Ms. Word untuk menyusun artikel, baru kemudian dipindahkan ke laman editor blogger. Karena jumlah karakter yang sangat panjang, maka terkadang kita kurang seksama dalam mengoreksi tulisan sehingga terdapat beberapa karakter yang salah penempatan. Jika artikel yang kita tulis tidak terlalu panjang biasanya tidak terjadi kesalahan, dan kalaupun ada hanya satu-dua karakter saja. Dan apabila karakternya panjang, maka sering kali terjadi kesalahan.

Untuk mengatasi permasalahan ini kita bisa menggunakan bantuan Google untuk mendeteksi tulisan yang salah. Anda bisa menggunakan Google Translate untuk memudahkan anda dalam pendeteksian karakter yang tidak tepat. Bagaimana caranya? Google Translate selain dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa tulisan, ia juga bisa membantu anda untuk mengoreksi tulisan yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Metode ini memang jarang digunakan oleh blogger, tetapi ternyata ia mampu memudahkan kita dalam membuat artikel yang anti kesalahan penempatan karakter. Agar artikel yang anda tulis dapat dipastikan tidak lagi memuat penempatan huruf yang salah tanpa harus mengoreksinya secara satu per satu, berikut tips yang bisa anda gunakan.

  1. Siapkan artikel anda 
  2. Setelah selesai menulis artikel, buka Google Translate.
  3. Copy-paste artikel ke Google Translate
  4. Copy hasil terjemahan dalam bahasa Inggris ke Ms. Word
  5. Perhatikan tulisan yang baru anda copy tadi, tulisan yang bergaris bawah merah berarti salah. Jadi, anda tinggal merubahnya.
  6. Setelah selesai melakukan perbaikan, baru anda pindahkan artikel anda dari MS. Word ke laman editor/posting blogger.

Note:
Anda harus mengaktifkan fitur grammar bahasa Inggris dalam MS. Word

Related posts:

No response yet for "Tips Mengoreksi Tulisan Secara Cepat"

Post a Comment