Cara Budidaya Jamur Yang Benar

Media budidaya jamur
Budidaya jamur merupakan salah satu pilihan banyak  masyarakat mengingat tanaman ini mampu mendatangkan keuntungan tinggi bagi masyarakat. Mekanismenya juga tidak terlalu ribet, bahkan budidaya jamur saat ini sudah bisa dilakukan dilokasi yang berhawa panas.

Budidaya jamur sebenarnya harus dilakukan didataran tanah 400-800 meter diatas permukaan laut. Namun, buat anda yang tinggal didataran rendah saat ini sudah ada cara alternative untuk memulai budidaya jamur meskipun lokasi tanah anda berada didataran yang tidak mendukung (dataran rendah).

Dari sisi harga, harga jamur memang cukup tinggi dan harganya juga relative stabil jika dibandingkan dengan tanaman sejenis lainnya. Harga tinggi, permintaan pasar terus meningkat dan cara tanamnya yang tidak terlalu merepotkan membuat banyak orang akhirnya memilih untuk menjadikan tanaman jamur sebagai mata pencaharian baru mereka.

Cara Menanam Jamur

Cara budidaya jamur #1
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah bangunan kumbung untuk difungsikan sebagai media. Kumbung tersebut harus dibuat menggunakan system sirkulasi buka tutup. System sirkulasi buka tutup dimaksudkan untuk mengatur udara yang masuk ke kumbung, menutupnya disiang hari dan membukanya dimalam hari. Dengan demikian, maka kelembapan akan selalu terjaga.

Cara budidaya jamur #2
Gunakan atap yang tidak menyerap panas. Dalam hal ini anda bisa menggunakan plastic ultra violet atau genting untuk melindungi jamur dari sengatan sinar matahari yang berlebihan. Jika sinar matahari yang masuk terlalu panas, maka jamur tidak akan bisa bertahan, kalaupun bisa pertumbuhannya tidak akan maksimal.

Cara budidaya jamur #3
Jika anda menanam jamur, factor kelembapan menjadi hal terpenting. Jika media yang anda gunakan tidak memenuhi standar kelembapan yang dibutuhkan oleh tanaman, maka budidaya jamur yang anda praktekkan tidak akan bisa berjalan secara normal. Untuk menjadikan media dapat memenuhi standar kelembapan yang dibutuhkan anda bisa meletakkan beberapa tong air didalam kumbung agar kelembapannya dapat ditingkatkan.

Cara budidaya jamur #4
Perlu diingat, bahwa budidaya jamur sejatinya adalah ditempat yang lokasi tanahnya berada didataran tinggi, nah dalam hal ini agar jamur tetap bisa tumbuh secara normal maka yang harus anda lakukan adalah memilih tempat/media yang teduh/tidak terlalu panas. Anda bisa membangun ruang kumbung dibawah pepohonan, dan pastikan pintu bangunan kumbung tersebut bukan terletak pada arah matahari terbit.

Cara budidaya jamur #5
Factor sinar matahari yang terlalu berlebihan akan menyebabkan jamur mati atau tidak bisa tumbuh secara normal, dalam hal ini anda bisa menyiasatinya dengan cara menanam pepohonan disekitar kumbung, dengan demikian maka bangunan kumbung akan lebih terlindungi dari sengatan sinar matahari yang terlalu berlebihan.

Cara budidaya jamur #6
Standar ketinggian bangunan kumbung adalah dengan ketinggian 4 s/d 4.5 meter. Hal ini penting demi untuk mengontrol sirkulasi udara dalam ruang kumbung.

Cara budidaya jamur #7
Rak penyimpanan baglog jamur untuk lokasi didataran tinggi biasanya mencapai 5 tingkat, dan untuk lokasi didataran rendah (panas) normalnya tidak melebihi 3 tingkat.

Cara budidaya jamur #8
Budidaya jamur didataran rendah yang dalam hal ini suhu tanahnya sangat panas membutuhkan control tinggi. Pastikan anda melakukan penyiraman sesering mungkin agar jamur bisa tumbuh secara normal. Lakukan penyiraman jamur minimal 3 x sehari.

Artikel budidaya pertanian lainnya : Teknik budidaya buah melon. Demikian artikel teknik budidaya jamur, semoga bermanfaat.

Related posts:

No response yet for "Cara Budidaya Jamur Yang Benar"

Post a Comment