Real Permasalahan Mengapa Sepakbola Indonesia Tidak Bisa Berkembang

Sepakbola Indonesia
Mengapa Sepakbola Indonesia Bukannya Berkembang Tapi Malah Terus Mengalami Kemunduran? Bobroknya sepakbola nasional sudah menjadi perbincangan banyak orang, terutama mereka yang selama ini merasa simpati dan kecewa terhadap kondisi persepakbolaan tanah air yang tidak juga mengalami perkembangan, tetapi justru terus merosot dari hari kehari. Siapa yang salah?

Sepakbola adalah sebuah olahraga yang membutuhkan wadah serta penataan yang baik. Sumber daya manusianya bagus, pengurusnya ikhlas, jujur, memiliki kecintaan, lebih mengedepankan kepentingan bersama dan tidak hanya bertujuan untuk menempati kursi kepengurusan semata.

Kita melihat sepakbola di beberapa Negara Asean termasuk Laos sedang mengalami grafik peningkatan yang sangat baik, namun Indonesia justru semakin terpuruk serta tidak jelas arah dan masa depannya. Kekalahan demi kekalahan, tidak bisa mengukir prestasi apapun dan sering menjadi bulan-bulanan skuad Negara lain.

Dalam beberapa sisi Indonesia sebenarnya lebih potensial untuk membangun sepakbolanya menjadi lebih berkualitas dan berada diatas tim-tim saingannya seperti Vietnam dan Singapore. Apa dasarnya? Negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 sedunia, masyarakatnya sangat antusias terhadap sepakbola, dan sepakbola bisa kita temukan sampai diseluruh pelosok wilayah tanah air. Melihat wacana ini tentunya sangat ironis jika Indonesia justru menjelma sebagai salah satu tim lemah di Asean.

Jika kondisinya masih seperti ini, maka hanya sebuah harapan hampa untuk menyaksikan Indonesia gagah dan memiliki skuad nasional yang tangguh. Kisruh, dualisme, saling serang, saling tuding dan tidak pernah ada niat yang tulus untuk bersatu membangun sepakbola nasional ke level yang lebih baik.

Lengsernya si A publik mengharapkan si B dapat mengangkat kualitas sepakbola nasional dengan diaplikasikannya sederet program pembangunan. Namun, lagi-lagi hanya sebuah wacana yang tidak jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya, kisruh, saling claim, kalah dan kalah lagi. Sepakbola nasional bisa berkembang jika nantinya ada sosok pemimpin dengan pribadi yang baik, ikhlas, dan benar-benar mencintai sepakbola. Hanya pemimpin dengan criteria tersebut yang dapat merealisasikan harapan publik untuk melihat persepakbolaan nasional tumbuh membaik dan berkembang. Selama ini Indonesia belum menemukan sosok pemimpin tersebut.     

Related posts:

No response yet for "Real Permasalahan Mengapa Sepakbola Indonesia Tidak Bisa Berkembang"

Post a Comment