Terbaru

Cara Memperbaiki Handphone Tidak Bisa Mengirim SMS

Cara memperbaiki HP tidak bisa mengirim SMS
Cara memperbaiki HP tidak bisa mengirim pesan / exnim.com - Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini sudah digunakan oleh hampir semua kalangan.

Bentuk fisiknya yang kecil dengan kelengkapan fungsional komunikasi serta tambahan fitur media yang mumpuni menjadikan handphone menjelma sebagai salah satu perangkat yang digandrungi oleh banyak orang.

Sama halnya dengan perangkat telekomunikasi lainnya, handphone juga sangat rentang dengan kerusakan tertentu. Mulai komponen hardware, meliputi batrei, LCD, keypad, dll. Kerusakan software, meliputi aplikasi error, gangguan pada OS, dll.

Salah satu jenis permasalahan yang sering dijumpai oleh user adalah kerusakan pada fungsional pengiriman pesan singkat atau SMS. Dengan adanya gejala permasalahan tertentu handphone tidak akan bisa difungsikan untuk mengirim pesan.

Untuk memperbaiki handphone gagal mengirim SMS ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah melakukan pengecekan pada panel ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ pada handphone tersebut.

Periksalah pengaturan pesan, apakah sudah di set sebagaimana mestinya atau ada yang tidak di set dengan benar sehingga pengiriman SMS terus mengalami kegagalan. 

Langkah-langkah untuk mengetahui dan memperbaiki ponsel yang tidak bisa dipakai untuk mengirim SMS

Periksa setelan ponsel.

Pastikan jaringan operator tidak sedang mengalami gangguan.

Periksa sinyal ponsel Anda.

Periksa masa aktif Kartu Anda.

Pastikan nomor pusat pesan sudah sesuai dengan operator/kartu yang anda pakai.

Nomor pusat pesan
Mentari [Indosat] : +62816124
IM3 [Indosat] : +62855000000

Nomor pusat pesan
Simpati & Kartu As [Telkomsel] :
+6281100000

Nomor pusat pesan
XL [Excelcomindo] : +62818445009

Nomor pusat pesan
Three [Hutchinson] :
+6289644000001

Nomor pusat pesan
Axis [Lippo Tel] : +628315000032

Setelah Anda melakukan pembenahan pada sektor nomor pusat pesan beserta setelan lainnya dan ponsel masih tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS, maka permasalahan yang sebenarya terletak pada perangkat lunak (software) ponsel.

Silakan flash atau upgrade OS ponsel Anda. Ini merupakan langkah terakhir untuk memperbaiki ponsel yang tidak bisa dipakai untuk mengirim SMS.
Share ke: