Cara Membuat Blog Gratis

Panduan cara membuat blog gratis - Blog merupakan salah satu media online yang saat ini semakin menunjukkan kepopulerannya. Blog adalah sebuah media online yang sangat efektif untuk menyebar luaskan berita, opini pribadi, dan informasi-informasi penting lainnya.

Bagaimana cara membuat blog?

Ada dua opsi dalam membuat blog. Anda bisa memilih yang gratisan atau yang berbayar. Apabila Anda ingin membuat blog tanpa harus mengeluarkan biaya, maka Anda bisa memilih hosting blog gratisan (Blogspot/Blogger atau Wordpress.com).

Pilih blog gratisan atau yang berbayar?

Tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda terjun kedunia blogging dengan tujuan hanya untuk berbagi, bukan untuk tujuan bisnis, maka sebaiknya Anda menggunakan blog gratisan. Dan jika tujuan Anda adalah untuk menjadikan blog Anda sebagai media perantara bisnis, maka sebaiknya Anda memilih blog berbayar.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat blog berbayar?

Bergantung pada sejumlah hal. Apabila Anda memutuskan untuk membuat blog berbayar, yang harus Anda persiapkan adalah sebuah nama domain dan sewa hosting. Contoh nama domain “exnim.com”, dan yang dimaksud hosting adalah almari penyimpanan file online.

Dimana bisa membeli nama domain dan sewa hosting?

Ada banyak sekali pilihannya. Anda bisa memilih provider lokal atau provider luar negeri. Provider nama domain&hosting luar negeri yang sangat populer, diantaranya godaddy.com, namecheap.com, crazydomains.com, dll.

Jika Anda ingin yang provider lokal, Anda bisa memilih indowebsite.net, qwords.com, rumahweb.com, dll.

Berapa harga domain dan biaya sewa hosting?

Harga domain berekstensi .com, .net berkisar antara Rp 75.000 - 110.000, dan untuk sewa hotingnya Anda bisa menentukan jenis paket yang akan Anda ambil. Paket sewa hosting termurah berkisar antara Rp 50.000 - 100.000 / tahun.

Ok, sebagai seorang pemula, saya asumsikan Anda lebih tertarik untuk membuat blog yang gratisan, tidak perlu membeli nama domain dan juga membayar biaya sewa hosting.

Dalam hal ini ada dua penyedia hosting blog gratisan yang sangat populer saat ini. Yang pertama Blogger/Blogspot.com, dan yang kedua adalah Wordpress.com (bukan wordpress.org).

Pilih Wordpress.com atau Blogspot.com?

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, tetapi agar Anda bisa lebih kaya wawasan saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan keduanya (secara bertahap). Tutorial cara membuat blog gratis menggunakan platform blog Wordpress.com akan saya bahas pada serial artikel tutorial membuat blog berikutnya. Dalam artikel ini saya akan berbagi kepada sahabat pembaca cara membuat blog gratis menggunakan platform Blogger atau Blogspot.

Panduan cara membuat blog di Blogger/Blogspot.com

Pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah sebuah akun email Gmail. Jika belum punya, luangkan waktu 5 menit untuk membuatnya.

Ok, saya anggap Anda sudah memiliki akun email Gmail.

Bukalah URL berikut : http://blogger.com sehingga Anda akan melihat jendela seperti gambar dibawah.

cara membuat blog

Masukkan alamat email dan kata sandi Anda seperti pada gambar diatas, lalau klik Sign in. Selanjutnya Anda akan beralih kejendela baru seperti gambar dibawah ini.

panduan membuat blog

Gambar diatas mengharuskan Anda untuk memilih jenis profil. Anda bisa memilih Profil Google+ atau Profil blogger. Dalam tutorial ini saya memilih Profil Blogger. Klik tulisan Buat profil Blogger terbatas lalu klik Lanjutkan ke Blogger. Selanjutnya Anda akan melihat jendela baru seperti gambar dibawah ini.

tutorial membuat blog

Isikan nama tampilan yang Anda ingingkan. Pada gambar diatas saya mengisinya dengan nama tampilan blog saya. Selanjutnya klik tab Lanjutkan ke Blogger. Kemudian Anda akan melihat jendela seperti gambar dibawah ini.

langkah-langkah membuat blog

Perhatikan gambar ditas, klik menu Blog Baru yang terletak dibagian kanan atas. Selanjutnya akan tampil jendela pemilihan nama blog dan seperti gambar dibawah ini.

cara membuat blog gratis

Perhatikan gambas diatas. Pilihlah judul dan alamat blog Anda. Pada contoh diatas saya menggunakan judul blog "Inilah Blog Saya" dengan alamat "namablogpertamaku.blogspot.com". Jika alamat blog sudah tidak tersedia, silakan pilih yang masih bisa didaftarkan. Selanjutnya klik Buat Blog! dan Anda akan melihat blog pertama Anda sudah jadi seperti gamabr dibawah ini.

cara membuat blog di blogspot


Gambar diatas menunjukkan bahwa blog Anda sudah selesai dibuat. Jika Anda ingin langsung menulis artikel, silakan klik menu dengan simbol pena yang saya tandai dengan panah merah.

Cara membuat blog di Blogspot/Blogger SELESAI.

Membuat blog menggunakan platform Blogger/Blogspot tidak berbeda jauh dengan Anda membuat akun jejaring sosial, anda bisa membuatnya cukup hanya dengan 5 menit. Sisi repotnya yang nantinya akan memerlukan banyak waktu dan kejelihan adalah pada level pengembangannya. Apabila Anda serius ingin ngeblog, maka Anda dituntut untuk bisa bersaing dengan jutaan blogger lain untuk memperebutkan tahta di search engine.

Related posts: