Cara Membuat Blog Wordpress

Panduan cara membuat blog Wordpress - Blog merupakan salah satu media online yang sangat digandrungi saat ini. Blog juga memberikan sumbangsih lalu lintas tinggi dalam internet. Ketertarikan orang terhadap dunia blogging terus memperlihatkan peningkatan dari waktu ke waktu. Dulunya blog hanya difungsikan sebagai media diari online, dan saat ini blog sudah berbeda wacana bahkan ia bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menggiurkan bagi pemiliknya.

Mesin blog sendiri ada banyak variant, sebut saja Blogger (Blogspot.com), livejournal, Wordpress (Wordpress.com & Wordpress.org), dsb. Setiap engine blog memiliki bahasa pemograman yang berbeda-beda dan juga fitur yang berbeda-beda pula,  untuk Blogger bahasa yang paling banyak digunakan adalah HTML (hyper text mark up language), sementara untuk Wordpress engine blog ini menggunakan PHP (personal home page). Namun, khusus untuk pengguna Wordpress gratisan (Wordpress.com) pengguna tidak diberikan otoritas untuk melakukan editing source code.

Selain Blogger, Wordpress merupakan salah satu engine blog gratisan yang saat ini paling diminati, baik untuk Blogger lokal maupun manca. Biasanya seorang Blogger pengguna engine blog Blogger juga menyempatkan diri untuk membuat blog menggunakan Wordpress demi menikmati perbedaan fitur diantara keduanya. Jika Anda tertarik untuk membuat blog di Blogger, Anda dapat membaca panduan cara membuat blog di Blogger/Blogspot. Dan artikel ini merupakan tutorial langkah-langkah membuat blog di Wordpress.

Kembali saya tegaskas, bahwasannya Wordpress terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama Wordpress gratisan (Wordpress.com), dan yang kedua adalah Wordpress berbayar (Wordpress.org). Jika Anda memutuskan untuk memilih Wordpress.com, maka alamat blog Anda nantinya akan menjadi: bloganda.wordpress.com, sementara apabila Anda menggunakan Wordpress.org, maka alamat blog Anda nantinya adalah bloganda.com, bloganda.net, bloganda.info atau bloganda.org.

Perlu dikatahui, jika Anda memilih membuat blog Wordpress gratisan nantinya Anda tidak bisa menggunakannya untuk mencari penghasilan online, termasuk untuk menampilkan iklan online berbasis PPC (pay per click) karena pengguna blog Wordpress gratisan tidak memiliki fitur ini. Jadi, jika ini merupakan kali pertama Anda ingin membuat blog dan disisi lain Anda juga berharap nantinya blog Anda bisa digunakan untuk mencari uang, maka buatlah blog Wordpress self hosted (berbayar) atau Anda bisa menggunakan engine blog Blogger.

Nah, untuk Anda yang  memang sudah memutuskan untuk membuat blog menggunakan Wordpress.com, berikut tutorialnya.

Panduan Langkah-langkah Membuat Blog Gratis Wordpress


Pastikan Anda sudah memiliki sebuah alamat email. Terserah, Anda bisa menggunakan akun email Gmail, Ymail, Hotmail atau yang lainnya.

Klik tautan berikut www.wordpress.com sehingga akan muncul jendela web browser seperti gambar dibawah.


cara membuat blog wordpress

Klik tombol Get Started

cara membuat blog gratis wordpress

langkah-langkah membuat blog wordpress

Lengkapi data-data yang diminta meliputi, alamat Email, Username, Password dan Blog Address atau alamat blog Anda. Pada contoh diatas saya menggunakan Username Bloggingstarted dan alamat blog bloggingstarted.wordpress.com.  Selanjutnya geser jendela web browser kebawah lalu klik tombol Create Blog sehingga akan muncul laman seperti gambar dibawah ini.

panduan blog wordpress

Gambar diatas menunjukkan bahwa blog Anda baru saja selesai didaftarkan. Tugas Anda selanjutnya adalah membuka inbox email untuk melakukan konfirmasi.

Bukalah inbox email Anda, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Wordpress team seperti bambar diabawah.

tutorial membuat blog wordpress

Perhatikan gambar diatas, silakan klik tombol Activate Blog kemudian Anda akan diarahkan ke laman Wordrpess.com . Sampai disini blog Anda sudah sepenuhnya jadi dan Anda bisa langsung memposting artikel dengan cara Anda harus login/masuk terlebih dahulu.

Cara Menulis dan Memposting Artikel di Wordpress

Gambar dibawah ini merupakan tampilan laman Dashboard Wordpress setelah Anda login. 

cara menulis artikel di wordpress

Untuk mulai menulis artikel, silakan klik tombol New Post lalu akan tampil jendela laman seperti gambar dibawah.


cara posting artikel di wordpress

Pilih menu Text untuk mulai menulis artikel sehingga akan tampil jendela seperti gambar berikut.


Setelah Anda selesai menulis seperti yang terlihat pada gambar diatas, selanjutnya silakan klik tombol Publish Post untuk menerbitkan artikel pertama Anda.

Untuk melihat artikel Anda, silakan klik tombol View Post


Gambar diatas merupakan tampilan blog Anda pada laman Home/Beranda.

Demikian artikel panduan cara membuat blog di Wordpress.com, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca. 

Untuk sobat yang dalam hal ini sudah memilik blog, baik itu blog yang menggunakan engine blog Wordpress maupun Blogger, silakan baca artikel proses optimasi blog, cara menjadikan loading blog cepat, dan pinger blog pilihan untuk meningkatkan kecepatan index artikel di search engine.

Related posts: