Tips Memilih Smartphone Berkualitas

Tips Memilih Smartphone
Smartphone atau yang biasa disebut ponsel pintar merupakan teknologi ponsel terbaru dengan fitur dan performa yang lebih mumpuni. Karena kelebihannya, banyak pengguna yang beralih ke smartphone demi menikmati sederet fitur manarik dan kemampuan akses internet yang lebih baik.

Dulunya smartphone hanya menjangkau kalangan menengah keatas karena harganya yang masih terlalu mahal, namun seiring dengan persaingan pasar serta antusiasme masyarakat terhadap gadget ini, maka akhirnya mulai bermunculan vendor-vendor baru, termasuk pabrikan ponsel Cina untuk memproduksi smartphone.

Seperti halnya jenis ponsel biasa, smartphone produksi pabrikan Cina dan smartphone produksi vendor-vendor ternama juga memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Untuk bisa memiliki smartphone pabrikan Apple, Anda harus menyiapkan uang tidak kurang dari 4 juta rupiah, sementara untuk memiliki smartphone pabrikan Cina, bahkan hanya dengan 500 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan smartphone.

Perbedaan harga diantara masing-masing vendor tentunya juga cukup beralasan. Vendor smartphone terkenal seperti Apple memproduksi smartphone dengan kualitas dan fitur yang cukup bagus. Sementara vendor smartphone pabrikan Cina, meski harganya relatif murah namun terdapat sejumlah kelebihan pada perangkat (smartphone) Apple yang tidak dimiliki oleh smartphone pabrikan Cina.

Sebagai pengguna (konsumen), Anda bebas menentukan pilihan Anda. Jika Anda berduit dan disisi lain Anda juga membutuhkan ponsel high performance, maka Anda bisa memilih smartphone keluaran vendor-vendor ternama, seperti Samsung, Blackberry atau Apple. Dan bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli smartphone dari vendor-vendor tersebut, Anda bisa memilih smartphone keluaran pabrikan Cina.

Seperti halnya namanya (ponsel cerdas), secara keseluruhan smartphone memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan tipe ponsel biasa. Namun, bagaimanapun juga tidak semua ponsel cerdas performanya bagus, bergantung pada spek smartphone itu sendiri.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli smartphone dengan budget pas-pasan , dan disisi lain Anda merasa ragu dengan kinerja smartphone yang akan Anda beli, berikut beberapa tips untuk memilih smartphone agar nantinya Anda tidak kecewa usai mengeluarkan sejumlah uang untuk membelinya.

Tips Memilih Smartphone Berkualitas Dan Performa Bagus

Kebanyakan smartphone tidak dilengkapi tombol Qwerty, jadi pastikan touch screen ponsel tersebut bekerja dengan baik. Jangan sampai sensitifitas layar sentuh bermasalah, karena tidak ada tombol alternatif (Qwerty).

Pastikan smartphone yang akan Anda beli sudah support HSDPA (berkecepatan tinggi). Jika Anda gemar internetan, maka usahakan Anda tidak membeli smartphone yang hanya support jaringan GPRS dan EDGE, karena kecepatan akses internet tidak bisa maksimal, kecuali pada saat Anda menggunakan jaringan Wi-fi.

Sebaiknya Anda jangan membeli smartphone yang CPU Processor nya dibawah 1 Ghz. Processor akan menentukan kecepatan kinerja ponsel Anda, maka pilihlah processor minimal 1 Ghz, dan jangan dibawahnya.

Usahakan Anda membeli smartphone yang sudah banyak digunakan orang, meskipun ia produk pabrikan Cina. Jangan berspekulasi membeli smartphone keluaran baru sementara Anda belum mengetahui kualitas dan kinerja ponsel tersebut. Jika Anda berniat membeli smartphone Cina, maka pilihlah vendor yang sudah cukup dikenal.

Terkahir, jangan lupa meminta garansi. Mintalah buku garansi dari konter tempat Anda membeli smartphone untuk mengantisipasi kerusakan ponsel secara cepat karena kualitas yang tidak cukup bagus.

Baca juga: Cara internetan cepat lewat HP,  Daftar harga HP murah terbaru,  Tips memilih handphone bagus,

Related posts:

No response yet for "Tips Memilih Smartphone Berkualitas"

Post a Comment