Analisa Penyebab Posisi Artikel Blog Menurun di Search Engine

Penyebab ranking artikel blog menurun di hasil SERPs Google - exnim.com
Penyebab ranking artikel blog menurun di hasil SERPs Google - Sebagai seorang blogger saya yakin Anda pernah mendapati salah satu atau bahkan sebagian besar artikel pada blog Anda tiba-tiba merosot ke peringkat terbawah di hasil SERPs yang berujung pada hilangnya trafik blog.

Hampir semua blogger mengalami hal ini. Artikel yang sebelumnya berada diurutan teratas search engine dengan sendirinya jatuh jauh kebawah dan berimbas pada rendahnya trafik harian blog Anda. Dari yang sebelumnya memiliki trafik 1000 UV/hari menjadi 500 UV/hari atau bahkan lebih parah dari itu.

Ya, search engine memberikan peringkat artikel miliki suatu blog tidak bersifat paten. Kendati selama beberapa minggu atau bulan artikel Anda sempat merajai SERPs, ia tetap tidak bisa memberikan jaminan bahwa artikel tersebut akan terus bertahan diurutan terata SERPs.

Algoritma Google selalu berubah-ubah untuk melakukan penyempurnaan dan memberikan hasil telusur yang paling relevan dan berkualitas, sehingga posisi artikel blog pada SERPs bisa naik turun seiring dengan persaingan yang ada. Namun, Anda tetap bisa berusaha untuk menjadikan posisi artikel di blog Anda relatif konsisten.

Berikut beberapa tips trik agar artikel di blog Anda tetap bisa mempertahankan peringkatnya dan tidak jatuh keposisi terendah yang bisa mengakibatkan Anda kehilangan banyak pengunjung karena kalah bersaing di SERPs serta beberapa hal yang menyebabkan posisi artikel blog Anda turun secara signifikan.

Posting artikel secara terjadwal
Jika Anda jarang melakukan update, maka hal ini membuka peluang tergusurnya artikel pilar di blog Anda hingga ke posisi yang cukup memprihatinkan pada hasli telusur mesin pencari.

Buatlah artikel yang berkualitas
Sudah tidak menjadi rahasia lagia bahwa Google ataupun search engine lainnya lebih memprioritaskan artikel yang bermutu untuk ditampilkan pada posisi teratas hasil penelusuran. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memberikan manfaat bagi pengunjung dan tidak ditulis secara asal-asalan.

Niche blog tidak konsisten
Apa yang dimaksud niche blog tidak konsisten? Topik pembahasan di blog Anda sering berubah-ubah dan tidak fokus pada niche tertentu saja sebagaimana awal mula Anda memilih niche. Penggantian kata kunci yang dilakukan secara berlebihan juga berdampak pada penurunan peringkat artikel terbaik di blog Anda.

Minim backlink
Bagaimanapun kondisinya, blog tetap bergantung pada backlink, karena backlink merupakan situs referal yang akan mereferensikan blog kita agar dimunculkan pada hasil telusur mesin pencari. Jika blog bersangkutan terlalu minim backlink, maka potensi untuk tidak bisa bertahan pada SERPs benar-benar sangat besar kendati jumlah artikel di blog susah lumayan banyak.

Kompetitor semakin banyak
Persaingan untuk memeperebutkan tempat teratas pada SERPs tentunya sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak jumlah pesaing kita. Jika niche blog / target kata kunci yang kita pilih memiliki banyak pesaing, maka kemungkinan besar salah satu artikel pilar pada blog kita akan tergusur ketika spider Google menemukan artikel yang lebih baik untuk ditampilkan pada urutan teratas. Jika kondisinya demikian, maka kita harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa mempertahankan peringkat artikel seiring dengan bertambahnya jumlah kompetitor.

Related posts: