Cara Mengetahui Kualitas Handphone Second Sebelum Membeli

Cara Mengetahui Kualitas Handphone Second Sebelum Membeli
Tips mengetahui kualitas Hp bekas - Jual beli handphone tidak hanya didominasi oleh produk yang masih baru dan bergaransi, sebagian pengguna bahkan lebih memilih membeli ponsel bekas katimbang yang baru. Alasannya mungkin karena faktor harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga ponsel baru.

Resiko membeli handphone dalam keadaan second adalah kualitas ponsel tersebut usai digunakan oleh pengguna terdahulu, apakah masih bagus atau sudah mengalami kerusakan pada sektor tertentu. Kerusakan fisik memang sangat mudah diketahui, tapi untuk mengetahui kerusakan pada sektor software serta komponen dalam tentunya perlu dilakukan diagnosa.

Jika membeli ponsel dalam kondisi baru, maka kita tidak perlu terlalu kuatir karena disertai dengan masa garansi. Dan untuk membeli ponsel bekas Anda harus bisa lebih jelih karena pembelian terjadi tanpa ada masa garansi, kalaupun ada biasanya hanya untuk 1-7 hari kedepan.

Guna menghindari membeli ponsel bekas dengan kondisi yang sudah cacat, berikut beberapa tips untuk mengetahui kondisi ponsel bekas apakah masih bagus atau sudah mengalami gejala kerusakan.

Periksa kondisi fisik ponsel.
Perhatikan fisik ponsel, bukalah casing ponsel. Cek kondisi baterai dan perhatikan indikasi energi pada icon baterai pada saat ponsel masih menyala.

Luangkan minimal 15 menit untuk mengoperasikan ponsel.
Lakukan pengecekan secara teliti pada saat Anda mencoba ponsel yang akan Anda beli. Cek semua fitur ponsel, seperti fitur media player, pesan, kamera, dll.

Gunakan handphone untuk menelepon.
Pastikan speaker handphone tidak rusak dengan cara mencoba menggunakan handphone yang akan Anda beli untuk menelepon.

Cek IMEI ponsel.
Cek nomor IMEI dengan menekan tombol *06# dan pastikan nomor yang keluar benar-benar sesuai dengan merk ponsel. IMEI juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah ponsel yang akan Anda beli asli atau jiplakan.

Cek kondisi Bluetooth.
Bluetooth merupakan piranti yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer file secara cepat dan mudah. Pastikan Bluetooth masih dalam kondisi normal, karena Bluetooth hp second biasanya banyak yang sudah mengalami kerusakan.

Perhatikan kinerja ponsel.
Ponsel bekas yang masih dalam keadaan bagus kinerjanya cukup lancar dan normal. Jangan sampai ponsel yang akan Anda beli macet atau hang pada saat Anda coba, dan hindari untuk membeli ponsel yang suka hang atau lambat pada saat Anda mencobanya.

Demikian tips sederhana untuk mengetahui kondisi ponsel bekas apakah masih bagus atau sudah mengalami kerusakan, semoga bisa membantu sobat untuk memastikan ponsel yang akan sobat beli masih dalam kondisi bagus.

Related posts: