Contoh Karangan Narasi dan Penjelesannya

Contoh karangan narasi dan definisi karangan narasi akan menjadi bahasan kita pada serial posting artikel pendidikan kali ini. Apa yang dimaksud karanga narasi? Karangan merupakan karya catat hasil dari aktivitas seseorang untuk mengungkap ide serta menyampaikanya melewati bahasa catat pada pembaca untuk dipahami. Lima type karangan yang umum didapati dalam sehari-harinya yaitu narasi, gambaran, eksposisi, argumentasi, serta persuasi.


Narasi dengan sederhana, narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi ada momen atau perihal dalam satu urutan waktu. Didalam perihal itu ada juga tokoh yang menghadapi satu konflik. Ketiga unsur berbentuk perihal, tokoh, serta konflik merupakan unsur pokok sesuatu narasi. Bila ketiga unsur itu bersatu, ketiga unsur itu dimaksud plot atau alur. Lantas, narasi yaitu cerita yang di uraikan menurut plot atau alur.

Narasi bisa diisi fakta atau fiksi. Narasi yang diisi fakta dimaksud narasi ekspositoris, namun narasi yang diisi fiksi dimaksud narasi sugestif. Perumpamaan narasi ekspositoris yaitu biografi, autobiografi, atau cerita pengalaman. Namun perumpamaan narasi sugestif yaitu novel, cerpen, cerbung, maupun cergam.

Pola narasi dengan sederhana berupa susunan dengan urutan awal – sedang – akhir.

  • awal narasi umumnya diisi pengantar yakni memperkenalkan situasi serta tokoh. Sisi awal mesti dibikin menarik supaya bisa mengikat pembaca. 
  • sisi sedang merupakan sisi yang memunculkan satu konflik. Konflik lantas diarahkan menuju klimaks cerita. Sesudah konfik timbul serta meraih klimaks, dengan berangsur-angsur cerita dapat mereda. 
  • akhir cerita yang mereda ini mempunyai langkah pengungkapan berbagai macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada juga yang berupaya menggantungkan akhir cerita mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri. 


Langkah menyusun narasi ( terlebih yang berupa fiksi ) condong dikerjakan melewati sistem kreatif, diawali dengan melacak, mendapatkan, serta menggali ide oleh dikarenakan itu, cerita dirangkai gunakan rumus 5 w + h, yang bisa disingkat jadi adik simba.

a. ( what ) apa yang dapat dikisahkan,
b. ( where ) dimana seting/lokasi ceritanya,
c. ( when ) kapan peristiwa-peristiwa berjalan,
d. ( who ) siapa pelaku ceritanya,
e. ( why ) kenapa peristiwa-peristiwa itu berlangsung, dan
f. ( how ) bagaimana cerita itu di uraikan.

Contoh #1
Kesialanku
Pas jam 11. 00 wib pekan lantas, saya baru pulang dari kuliah. Layaknya umumnya saya pulang kerumah naik ojek yang beraa didepan kampusku. Kebetulan waktu itu matahari amat terik-teriknya hingga udara panas menyelimuti tubuhku serta lagi ditambah rasa lapar yang sejak tadi menghantuiku, bikin situasi waktu itu tidak mengenakkan untukku.

Diperjalanan menuju kerumah terselip perihal lucu, nyatanya ojek yang saya naiki salah jalur. Semula saya pernah kesal tetapi sesudah ia bicara untuk bertanya jalur yang benar, ia memakai logat bahasa jawa yang tidak ku tahu. Tanpa sengaja saya tertawa kecil. Tetapi saya nalar saja maksudnya yaitu menanyakan jalur yang benar. Perihal tersebut cukup bikin ku geli disaat terik matahari yang semakin menusuk tubuhku.

Sesampainya dirumah kesialan kembali menerpaku. Nyatanya rumahku tetap terkunci, tidak seorangpun yang ada di dalam tempat tinggal serta kebetulan waktu itu saya tidak membawa kunci cadangan. Kembali saya jadi amat kesal waktu itu. Selanjutnya saya menanti untuk sebagian menit sampai orang tua ku kembali. 10 menit pertama sudah berlalu, saya tetap duduk di kursi teras depan rumahku. 10 menit selanjutnya lalu sudah jalan tanpa kusadari, lagi-lagi tidak kujumpai orang rua ku kembali.

Sesudah hamper 40 menit saya menanti dengan rasa jemu. Terbesit sekilas dalam pikiranku untuk menghubungi orang tua ku. Selanjutnya saya menghubungi orang tua ku. Saya heran kenapa perihal ini tidak terpikirkan olehku sejak tadi, barangkali dikarenakan terlampau emosi hingga perihal sekecil itu tidak lagi terpikirkan olehku.

Contoh #2
Putri natasha serta putri andine
Satu hari disebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama putri natasha. Berwajah amat cantik serta lucu. Putri natasha lahir dari pasangan raja anthum serta ratu aurora. Seluruh orang amat bahagia waktu kelahiran putri yang sudah dinanti-nantikan itu. Pas dihari kelahiran putri natasha, didepan pintu gerbang istana ada seorang bayi kecil yang tergeletak tidak berdaya. Selanjutnya dikarenakan pihak istana tidak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut lantas diasuh oleh pihak istana serta dinamakan putri andine
Dua tahun sudah berlalu, putri natasha serta putri andine sudah beralih jadi putri-putri yang lucu, mereka sudah jadi layaknya saudara kandung sendidri. Raja serta ratu lalu suka lihat keakraban mereka, walau mereka belum memberitahukan bahwa putri andine tidaklah anak kandung mereka.
Waktu menginjak umur 12 tahun, putri natasha tampak lebih cantik dari pada putri andine. Serta juga putri natasha lebih serupa ratu aurora. Putri andine yang saat itu mengerti bahwa putri natasha lebih cantik darinya serta lebih serupa pada sang ratu, memiliki kemauan tidak baik pada putri natasha.

Satu hari putri andine yang sudah beniat jahat pada putri natasha coba bikin wajah putri natasha jadi jelek rupa dengan menyiramkan air panaas pada putri natasha. Tetapi sebelum saat pernah ia coba melakukannyaa, kemauan jahatnyaa sudah diketahui oleh ratu aurora.
Selanjutnya sang ratu menceritakan kenapa ia tidak serupa dengan ratu aurora. Putri andine selanjutnya mengerti serta kembali jadi baik pada putri natasha. Serta saat ini mereka jadi putri-putri yang sangat dikagumi dinegeri tersebut.

Contoh #3
Ir. Soekarno, presiden republik indonesia pertama yaitu seorang nasionalis. Ia memimpin pni pada tahun 1928. Soekarno menggunakan waktunya di penjara serta di area pengasingan dikarenakan keberaniannya menentang penjajah.

Soekarno mengucapkan pidato perihal dasar-dasar indonesia merdeka yang diberi nama pancasila pada siding bpupki tanggal juni 1945.

Soekarno berbarengan mohammad hatta sebagai wakil bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Ia ditangkap belanda serta diasingkan ke bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke yogya serta dipulihkan kedudukannya sebagai presiden ri pada tahun 1949.

Jiwa kepemimpinan serta perjuangannya tidak dulu pupus. Soekarno berbarengan pemimpin-pemimpin negara yang lain jadi juru bicara untuk negara-negara nonblok pada konfrensi asia afrika di bandung tahun 1955. Nyaris seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti serta berjuang.

Contoh narasi fiksi
Saya tersenyum sembari mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, bikin tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan ke-2 telapak tangan ke dalam saku jaket, coba memerangi rasa dingin yang merasa demikian menyiksa.
Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku saat eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak dapat kurindui saat saya sudah kembali ke tanah air. Namun wajah ayu dihadapanku, akankah kurindui juga ?

Ada yang berdegup keras didalam dada, tetapi kuusahakan untuk menepiskannya. Janganlah, bowo, sergah hati kecilku, janganlah biarlah hatimu terbagi. Ingatlah ratri, dia sedang menanti kepulanganmu dengan seluruh cintanya.

Related posts:

No response yet for "Contoh Karangan Narasi dan Penjelesannya"

Post a Comment