Perbedaan DPR dan DPRD Beserta Fungsinya

Apa perbedaan DPR dengan DPR - exnim.com
Perbedaan DPRD dan DPR RI dan fungsinya – Indonesia adalah sebuah negara demokrasi yang didalamya terdapat sebuah lembaga perwakilan rakyat yang disebut DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat.

DPR memiliki fungsi sebagai wakil rakyat untuk melindungi serta mensejahterakan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Tugas-tugas DPR atau DPR RI diantaranya adalah untuk melaksanakan fungsi Legislasi, fungsi Anggaran dan fungsi Pengawasan, dsb.

Apa perbedaan DPR dengan DPR?

Secara garis besar DPR merupakan Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih berdasarkan daerah pemilihan (dapil) untuk menjadi wakil rakyat pada tingkat Pusat. Anggota DPR RI bertugas untuk mengawasi jalannya proses pemerintahan pusat secara adil dan bijaksana.

DPRD merupakan Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih berdasrkan daerah pemilihan untuk menjadi wakil rakyat didaerah pada tingkat propinsi, Kabupaten/Kota. Tugas anggota DPRD pada tingkat propinsi adalah mengawasi kinerja pemerintah daerah propinsi (Gubernur dan perangkatnya). Sementara untuk yang ditingkat Kabupaten/Kota, tugasnya adalah mengawasi kinerja daerah Kabupaten/Kota (Walikota/Bupati dan perangkatnya).

Related posts: