Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC dan Kegunaannya

Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC dan Kegunaannya - exnim.com
Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS - Sertifikasi bahasa kemampuan berbahasa asing digunakan dalam sejumlah keperluan, seperti untuk bekerja di luar neger, mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, dst.

Dalam sertifikasi bahasa Inggris setidaknya terdapat tiga jenis sertifikat, yaitu TOEFL, TOEIC, dan IELTS. Lalu apa kegunaan masing-masing sertifikat tersebut. Berikut definis dan fungsi dari TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

TOEFL
TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah sebuah program tes bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. TOEFL memberikan tiga materi tes, yaitu listening, reading, dan structure.

Untuk bisa mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri, nilai TOEFL Anda minimal harus 550, jika dibawahnya maka tidak bisa untuk Anda gunakan.

IELTS
IELTS atau Internasional English Language Testing System, hampir sama dengan TOEFL, yaitu sebuah program tes untuk menguji kemahiran kita dalam bahasa Inggris.

Tes IELTS terbagi menjadi empat materi, yaitu listening (30 menit ), reading (1 jam), writing (1 jam) dan speaking (12-15 menit). Secara keseluruhan, tes IELTS membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar neger, study, pindah kewarganegaraan, dsb. Nilai IELTS dihitung mulai 1-9. Dan jika digunakan untuk keperluan belajar, maka nilai IELTS yang dibutuhkan adalah 5.5 keatas.

TOEIC
TOEIC adalah kepanjangan dari Test of English for International Communication. TOEIC lebih spesifik untuk orientasi pekerjaan, jadi jika Anda ingin bekerja di luar negeri, maka Anda harus memiliki sertifikat TOEIC.

Range nilai TOEIC dihitung mulai 10 sampai 990. Untuk memuluskan rencana Anda bekerja di luar negeri, usahakan nilai TOEIC Anda tidak kurang dari 450.

Related posts: