Terbaru

Persyaratan Untuk Bisa Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

syarat Untuk Bisa Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri - exnim.com
Syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa luar negeri – Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri ada beberapa pesyaratan yang harus dipenuhi. Beasiswa perkuliahan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa Teaching Assistanship (TA), yaitu beasiswa yang berbentuk upah karena bertugas untuk membantu dosen atau menjadi asisten. Beasiswa seperti ini Biasanya diberikan kepada mahasiswa S3 atau S2.

Selain beasiswa penuh dan beasiswa Teaching Assistanship, masih ada lagi jenis beasiswa lainnya, seperti beasiswa Research Assistanceship (RA), dan Beasiswa dalam bentuk proyek PhD. Anda bisa mendapatkan program beasiswa tertentu berdasarkan tingkat kualifikasi Anda.

Mendapatkan beasiswa kuliah dalam negeri dan beasiswa kuliah luar negeri sedikit berbeda, dan berikut ini adalah beberapa persyaratan bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, seperti di Amerika, Inggris, Australia atau dibeberapa negera maju lainnya.

Syarat Bisa Dapat Beasiswa Kuliah Luar Negeri

  • Memiliki sertifikat bahasa Inggris (TOEFL) dengan nilai minimal 550.
  • Memiliki nilai IP atau IPK minimal 3.
  • Memiliki pengalaman dalam organisasi.
  • Buatlah statement of purpose (SoP) yang spesifik, artinya Anda harus membuat SoP yang berbeda atau khusus untuk setiap program beasiswa yang akan Anda lamar.
  • Pelajari sebanyak mungkin mengenai universitas yang dituju, mulai dari jurusan yang dipilih, dewan pembimbing (dosen), hingga para alumni universitas tersebut.
  • Buatlah format CV yang sistematis dan ringkas, tapi memuat points of importance (cukup untuk point terpenting saja).
  • Itulah beberapa persyaratan bagi Anda yang berharap bisa mendapatkan program beasiswa kuliah di luar negeri.
Share ke: