Terbaru

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja - exnim.com
Tips menjawab pertanyaan saat interview kerja - Proses melamar pekerjaan dimulai dari pembuatan surat lamaran diikuti dengan pemanggilan yang bersangkutan untuk mengikuti sesi wawancara dengan kepala bagian Personalia perusahaan terkait.

Bagi yang belum pernah melakukan sesi interview, sebagian mungkin masih merasa canggung atau bahkan nervous saat di interview. Apa saja sebenarnya yang dipertanyakan oleh bagian Personalia pada saat mewawancarai seorang pelamar?

Berikut tips untuk menjawab semua pertanyaan wawancara kerja secara tepat dan bijak untuk memudahkan Anda bisa diterima bekerja.

Hal-hal yang biasanya akan ditanyakan pada saat sesi wawancara kerja, diantaranya adalah sebagai berikut :

Apa aktivitas Anda sehari-hari?
Jawablah sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya dengan menambahkan sedkit poin plus Untuk Anda.

Anda lulusan apa?
Jawab dengan singkat Anda lulusan apa? Sarjana, Diploma atau Sekolah Menengah Akhir.

Sudah pernah berkerja diperusahaan lain?
Jika sudah memiliki pengalaman kerja, jawablah dan berikan sedikit uraian tentang tanggung jawab Anda pada saat bekerja diperusahaan lama Anda.

Bagaimana personaliti Anda?
Anda harus menjawab sebijak mungkin, tapi jangan terlalu menjadi orang lain.

Apakah Anda seorang pekerja keras?
Jawab “iya” dengan memberikan sedikit gambaran tentang motivasi Anda dalam bekerja.

Mengapa memilih perusahaan yang Anda lamar saat ini?
Jawab dengan cermat. Katakan pada Bpk/Ibu Personalia apa yang mendasari keinginan Anda untuk bergabung diperusahaan baru tersebut.

Apa bidang keahlian Anda?
Jawab sesuai dengan kondisi Anda. Jangan mengaku bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan.

Berapa gaji yang Anda minta?
Biasanya pertanyaan tentang gaji sangat ditekankan oleh Bpk/Ibu yang memawancarai Anda. Anda tidak harus memberikan jawaban berupa nominal, tapi jika Anda terpaksa harus menjawab jawablah sesuai dengan posisi yang akan Anda tempati dengan menjadikan skala perusahaan tersebut sebagai ukuran.

Secara keseluruhan, pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja adalah seperti yang dijelaskan diatas. Sewaktu menjalani sesi wawancara Anda harus tenang, pede, dan bersikap santun. Jangan bicara terlalu tinggi, tapi jangan bersikap seperti orang bodoh karena akan merugikan Anda alias tidak diterima bekerja.

Demikian tips untuk menjawab wawancara kerja, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan lekas mendapatkan/diterima bekerja.
Share ke: