Cara Memasang Sitemap Blog di Google Webmaster Tools

Tutorial cara pasang daftar isi Blogspot di Google Webmaster Tools – Instalasi sitemap adalah salah satu metode optimasi blog yang sangat penting. Sitemap blog tidak hanya terletak pada laman blog, tetapi sitemap juga harus dipasang pada tool webmaster, seperti Google Webmaster Tools.

Tujuan pemasangan sitemap pada Google Webmaster Tools adalah untuk memudahkan search engine (Google) untuk merayapai isi blog Anda secara keseluruhan.  Jika Anda menggunakan Wordpress self hosted Anda tinggal menggunakan plugin, dan untuk pengguna Blogger/Blogspot cara pemasangannya harus dilakukan secara manual.

Kendati proses optimasi blog tidak hanya sebatas memasang sitemap, namun pemasangan sitemap mutlak dibutuhkan untuk menunjang optimasi blog dengan hasil yang maksimal. Sitemap pada Google Webmaster Tools akan berdampak pada perayapan seluruh isi blog secara sempurna sehingga bisa membantu blog Anda untuk terindex dengan baik oleh Google Search.

Memasang sitemap di Google Webmaster Tools ada sedikit perbedaan antara blog yang sudah memliki lebih dari 500 artikel dan blog yang jumlah artikelnya masih dibawah 500 artikel. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara membuat sitemap di Google Webmaster Tools.

  • Masuk ke Alat Webmaster menggunakan akun Google/Blogger Anda
  •  Klik blog yang akan Anda buatkan sitemapnya
  • Pilihlah menu "Konfigurasi Situs"
  • Klik "Peta Situs"
  • Klik "Tambahkan/Uji Peta Situs"
  • Copy-paste salah satu kode dibawah ini kemudian masukkan pada kolom URL yang kosong
Cara Memasang Sitemap Blog di Google Webmastert Tools
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Jika kurang dari 500 artikel

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Jika lebih dari 500 artikel

atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500  

Jika lebih dari 1000 artikel

Silakan klik tombol "Mengirim Peta Situs". Lakukan refresh, selesai.

Related posts: