Cara Memperbaiki Bluetooth Blackberry Error Susah Dibuat Kirim File

cara memperbaiki bluetooth blackberry susah kirim file
Cara mengatasi Bluetooth BB susah dipakai mengirim - Buletooth adalah salah satu piranti ponsel yang sering digunakan oleh pengguna. Fungsinal Buletooth dimanfaatkan oleh pengguna untuk mentransfer file terhadap sesama ponsel atau dari komputer ke ponsel.

Ketika terjadi permasalahan pada perangkat Buletooth ponsel, maka Buletooth tidak akan bisa digunakan atau proses pengiriman dan penerimaan file menjadi sering. Pada artikel ini kita akan berbagi tips untuk mengatasi Buletooth pada Blackberry yang dalam sejumlah kasus sering terjadi error.

Sebelum Anda harus bisa memastikan apakah Buletooth Blackberry Anda memang sedang error atau memang cara pengiriman yang Anda lakukan masih salah, karena terdapat sedikit perbedaan cara mengirim file menggunakan HP Blackberry dengan jenis HP lainnya.

Berikut ini adalah cara menggunakan Buletooth Blackberry untuk mengirim dan menerima file dari ponsel lain.

  • Hidupkan Bluetooth pada ponsel penerima.
  • Silakan "pairing" bluetooth terlebih dahulu. 
  • Cara melakukan pairing : Masuk ke menu Manage Connections > pilih Set Up Bluetooth > dan pilih Search. Lalu pilih nama bluetooth yang muncul kemudian masukkan kode pin (masukkan angka 1). 
  • Pada ponsel pengirim, masuklah ke menu Media > pilih Music/Video atau gambar  sesuai dengan file yang akan dikirim, kemudian tekan tombol logo BB dan pilih Send Using Bluetooth.
  • Pada ponsel penerima masuk ke menu Media > Pilih Musik atau Video, kemudian tekan tombol BB > lalu pilih Receiving Using Bluetooth.

Jadi, intinya untuk mengirim dan menerima file pada ponsel Blackberry adalah dengan menempuh  proses: Pairing, pilih Receiving Using Bluetooth untuk mode menerima, dan  Send Using Bluetooth untuk mode mengirim.

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai Bluetooth Blackberry yang terkadang sering error. Jika Bluetooth BB dalam kondisi bermasalah, biasanya proses pairing tidak bisa berjalan dengan baik. Ketika pairing sudah bisa dilakukan, ada kalanya proses pengiriman file via Bluetooth masih juga terkendala.

Untuk mengetahui letak permasalahan pada perangkat Bluetooth Blackberry yang selalu gagal untuk dipakai mengirim dan menerima file sebenarnya banyak hal yang bisa menjadi pemicunya, salah satunya adalah karena piranti Bluetooth pada BB Anda memang sudah mengalami kerusakan atau hang.

Solusi untuk Bluetooth Blackberry yang tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file dari ponsel lain :


  • Silakan matikan ponsel BB Anda (Full Power off) dengan cara mencabut baterai ponsel setelah Anda mematikan ponsel BB Anda.


  • Masukkan kembali baterai ponsel, dan biarkan ponsel loading sampai selesai.


  • Setelah ponsel sudah aktif kembali, silakan mencoba untuk melakukan pairing ulang. Jika berhasil, silakan mencoba untuk mengirimkan file ke ponsel lain.


  • Jika masih gagal, maka solusi yang bisa diambil adalah dengan melakukan hard reset Blackberry Anda.


  • Apabila setelah melakukan hard reset masih juga tidak bisa menggunakan Bluetooth, maka alternatif lainnya adalah dengan mengganti/meng-upgrade OS Blackberry Anda.


Cara untuk meng-upgrade OS ponsel Blackberry akan kita bahas pada sesi artikel tips Blackberry berikutnya.

Related posts: