6 Perusahaan Produsen Handphone Ternama

Nama nama perusahaan produsen ponsel
Top 6 perusahaan produsen ponsel - Industri ponsel merupakan ladang untuk mengeruk keuntungan bagi setiap vendor. Di Indonesia saja saat ini tercatat ada 500 juta unit ponsel dengan berbagai merk, mulai Nokia, SonyEricsson, Samsung, Blackberry, dll.

Potensi bisnis bagi produsen ponsel memang sangat terbuka lebar. Statistik memperlihatkan, grafik peningkatan pengguna gadget genggam ini selalu menunjukkan trend positif dari waktu ke waktu. Wacana ini lantas menggugah sejumlah perusahaan telekomunikasi lokal untuk launching ponsel dengan brand mereka, seperti yang dilakukan Smartfren.

Beberapa tahun silam, masyarakat hanya mengenal nama Nokia, SonyEricsson atau Samsung. Seiring dengan pesatnya perkembangan industri smartphone, kini kita diberikan lebih banyak pilihan pasca munculnya vendor-vendor ponsel terbaru yang menawarkan berabagai macam fitur dan kelebihan untuk meramaikan persaingan pasar.

Berikut 6 perusahaan produsen handphone ternama didunia saat ini dengan jumlah pengguna yang sangat fantastis.

1. Samsung
Vendor ponsel asal Korea Selatan ini berhasil memuncaki tahta sebagai produsen handphone terbesar didunia saat ini.

2. Apple
Produk keluaran Apple memang dibandrol sangat mahal untuk ukuran pengguna di Indonesia secara keselurahan. Perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini mendukuki peringkat ke-3 dalam daftar perusahaan ponsel terbesar dunia.

Popularitas Samsung di Amerika dan Eropah kian melejit usai perusahaan asal negeri Gingseng ini menggunakan Android sebagai OS ponsel produksinya.

3. Sony Ericsson
Sony dan Ericsson sebelumnya merupakan dua brand yang berbeda. Atas alasan bisnis kedua perusahaan ini memutuskan untuk bergabung menjadi satu. Brand SonyEricsson akhirnya menjadi salah satu brand ponsel terpopuler.

4. Nokia
Siapa yang tidak kenal Nokia? Nokia merupakan salah satu vendor ponsel ternama dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, terutama pengguna di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Popularitas Nokia belakangan ini mulai meredup, bahkan perusahaan yang berbasis di Finlandia ini terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan vendor-vendor lainnya, terutama vendor yang menggunakan platform Android.

5. LG Electronics
LG merupakan salah satu pemain senior di industri ponsel dunia. Sebelumnya ponsel merk LG memang tidak sepopuler Apple ataupun Nokia. Namun, perusahaan ini relatif berhasil menjaga satabilitas penjualan produk-produk mereka dan terus mengalami peningkatan, bahkan ditahun 2013 ini LG berhasil menjual 15,6 juta unit dengan market share 3,6 persen yang menjadikan perusahaan ini menduduki peringkat ke-4 dalam daftar perusahaan produsen ponsel terbesar dunia.

6. Blackberry
Blackberry merupakan salah satu produsen smartphone terbesar dunia. Perusahaan yang berbasis di Kanada ini mulai dikenal oleh pengguna lokal sekitar 4 tahun silam setelah layanan BlackBerry Messenger (BBM) mampu memikat banyak orang.

Kedigdayaan smartphone Blackberry sempat meredup usai kalah bersaing dengan Apple dan Samsung, namun berkat perubahan struktural manajemen dan diluncurkannya Blackberry 10 angka penjualan produk-produk terbaru mereka memperlihatkan statistik peningkatan, terutama Blackberry Q10 dan Blackberry Z10.

Selain menempati urutan teratas perusahaan pabrikan ponsel, Samsung juga terus mengalami angka penjualan produk yang sangat signifikan diberbagai negera, terutama di Amerika, Asia dan Eropah setelah menggandeng Android sebagai operating system (OS) ponsel mereka.

Keputusan Samsung untuk menggunakan Android sebagai OS ponsel ternyata mampu memberikan keuntungan yang sangat signifikan bagi Samsung setelah produk-produk terbaru mereka, seperti Samsung Galaxy S4 mendapatkan sambutan hangat di pasar Eropah dan Amerika.

Related posts: