Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Banyak Pengunjung

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Mendatangkan Banyak Pengunjung
Tips memposting artikel yang SEO friendly – SEO merupakan bagian dari serangkaian cara optimasi blog. SEO secara garis besarnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sama-sama penting dalam proses pengembangan blog.

Jenis-jenis kegiatan yang tergolong sebagai SEO on-page sangat banyak sekali, dan salah satunya adalah membuat artikel yang bermuatan SEO. Ada beberapa materi penilaian dimana sebuah artikel dianggap memenuhi kriteria SEO, seperti jumlah kata, penempatan tag heading, internal linking, dll.

Dalam menulis artikel hendaknya Anda memperhatikan beberapa hal mendasar, tujuannya agar artikel yang sudah Anda buat tidak menjadi sia-sia. Menulis artikel yang baik memang membutuhkan waktu, berbeda dengan artikel yang asal tulis. Namun, demi menunjang proses pengembangan blog hal tersebut wajib Anda lakukan.

Artikel yang ditulis secara padat memang sangat berdampak baik pada blog Anda, akan tetapi artikel tersebut harus bermuatan SEO atau SEO friendly agar bisa menjadi penyumbang trafik tinggi dari search engine. Penulisan artikel yang SEO friendly akan memudahkan mesin pencari (Google, Bing, dll) untuk menemukan artikel Anda.

Seperti apa format penulisan artikel di blog yang SEO friendly itu? Berikut beberapa tips untuk membuat artikel SEO friendly untuk memaksimalkan visitor dari mesin pencari.

Usahakan Anda menulis artikel long term
Artikel long term adalah artikel yang diluar tranding topic; artikel tips komputer, artikel tutorial blog, artikel pendidikan, artikel bisnis online, dll.

Artikel long term memang tidak bisa mendatangkan pengunjung yang maksimal, namun sisi keuntungan dengan memperbanyak artikel long term artikel tersebut tetap akan dibutuhkan orang dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan hingga kapanpun.

Buatlah judul yang tepat
Bagaimana cara membuat title artikel yang baik? Judul artikel Anda harus mewakili isi artikel Anda secara keseluruhan.

Jangan menulis judul artikel terlalu panjang, tujuannya adalah untuk memperpadat kata kunci pada judul tersebut. Buatlah judul artikel 5-7 kata.

Buatlah frasa kata kunci
Memfrasa kata kunci sangat efektif untuk optimasi artikel. Frasa kata kunci maksudnya adalah menggunakan sinonim dari kata kunci utama.

Contoh frasa kata kata kunci; tips mendapatkan banyak visitor, cara mendatangkan banyak pengunjung, trik agar blog banyak pengunjung, rahasia blog ramai visitor, dst.

Masukkan gambar pada artikel
Tidak hanya sebatas menggunakan gambar saja, tapi Anda juga harus men-tag (menandai) gambar tersebut.

Untuk men-tag gambar pada artikel postingan, silakan klik kanan gambar, lalu pilih Properties kemudian ketikkan kata kunci yang Anda kehendaki.

Tag pada gambar dengan memasukkan kata kunci/keyword akan mejadikan kata kunci pada artikel semakin padat. Selain itu, gambar yang Anda tag juga berpeluang mendatangkan visitor dari Google Search (Images).

Membuat single meta description
Meta deskripsi tunggal adalah salah fitur SEO terbaru yang ada di Blogger. Fitur ini muncul sekitar lima bula lalu. Banyak sekali manfaat dari tool meta deskripsi tunggal ini untuk menjadikan artikel yang Anda publish kian bermuatan SEO.

Buatlah meta description tunggal pada saat Anda hendak memposting artikel. Usahakan meta deskripsi tunggal tersebut tidak terlalu panjang. Gunakan 120-160 kata.

Tandai kata kunci utama
Ketika Anda membuat sebuah artikel, pastinya akan menghasilkan beberapa kalimat/kata yang mewakili isi artikel Anda secara keseluruhan. Bold (tebalkan) kalimat/kata tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menandainya dengan memberikan garis bawah (underline), atau dicetak miring (italic).

Tujuan dari penandaan berupa bold, underline, atau italic adalah untuk menyorot kalimat/kata tersebut, dimana hal ini merupakan bagian dari teknik SEO dasar on-page.

Jangan terlalu banyak menebalkan kalimat/kata, hal tersebut hanya akan membuat blog Anda disinyalir sebagai blog spam. Cukup lakukan sewajarnya saja.

Gunakan anchor text
Anchor text atau teks jangkar adalah menghubungkan satu artikel dengan beberapa artikel yang relevan dalam satu blog.

Jika artikel Anda panjang Anda bisa memasukkan anchor text dalam jumlah yang banyak, tapi jika artikel Anda kurang dari 300 kata sebaiknya masukkan maksimal 5 anchor saja.

Gunakan template yang SEO friendly
Untuk bisa menghasilkan artikel SEO friendly, Anda membutuhkan template yang juga SEO friendly. Template SEO friendly memiliki susunan tag heading yang baik dan sangat membantu untuk proses optimasai on-page.

Jika Anda belum yakin dengan kekuatan SEO pada template Anda, silakan download template SEO friendly ringan.

Demikian tips untuk membuat artikel yang SEO friendly untuk bisa mendatangkan visitor banyak dari search engine.

SEO itu memang tidak bisa dikalkulasi dengan matematika, dimana hasilnya selalu EXACT. Tapi, Sebagian besar dari teknik SEO tetap memberikan dampak yang signifikan karena memang masih belum mengalami perubahan, seperti teknik SEO membuat artikel SEO friendly dengan menggunakan cara-cara yang dibahas diatas.

Related posts: