Beberapa Hal Yang Dapat Menyebabkan Puasa Batal

Beberapa Hal Yang Dapat Menyebabkan Puasa Batal
Beberapa larangan selama berpuasa - Bulan puasa atau Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan berkah. Di bulan puasa para kaum Muslimin diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, terkecuali bagi mereka yang sedang berhalangan.

Selama menjalankan ibadah puasa terdapat beberapa larangan yang dapat menyebabkan puasa seseorang menjadi tidak syah atau batal. Apa saja larangan-larangan tersebut, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari agar puasa Anda tidak batal.

  • Masuknya suatu benda kedalam perut dari lobang terbuka seperti mulut, hidung, lobang p**is, a*us dan bekas infus.
  • Menelan dahak yang sudah sampai kebatas luar mulut. Namun, jika kesulitan memuntahkannya maka ia tidak apa-apa.
  • Masuknya air kumur atau air untuk membersihkan hidung ketika melakukan wudlu hingga melwati tenggorokan atau kerongkongan diakibatkan berlebih-lebihan dalam melakukannya.
  • Muntah secara sengaja meskipun yang bersangkutan yakin bahwa muntahan tersebut tidak ada yang kembali keperut.
  • Datang bulan (haid), nifas, gila, dan murtad. Kembali pada syarat-syarat sah puasa, yaitu sehat akal (Akil), masuk ke jenjang dewasa (baligh), Muslim, dan suci dari haid serta nifas.

Demikian beberapa hal/kondisi yang dapat menyebabkan puasa Anda menjadi batal. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal atau perbuatan-perbuatan yang bisa menyebabkan puasa Anda batal.

5 hal penyebab puasa batal yang disebutkan diatas merupakan diantara dari kesekian faktor yang dapat membatalkan puasa.

Related posts: