Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok
Tips bisa berhenti merokok – Kesehatan seseorang dapat lebih terjaga dengan tidak menjadi seorang perokok. Masalah kesehatan tubuh manusia memang tidak hanya ditentukan oleh tembakau, namun dampak buruk dari merokok sangat besar terhadap kesehatan Anda.

Rokok sangat mudah memberikan candu kepada Anda, sekali Anda mencobanya Anda bisa ketagihan dan dengan cepat Anda akan menjadi perokok aktif. Jika Anda merupakan penderita asma, sebaiknya Anda segera berhenti menghisap tembakau karena kesehatan Anda benar-benar sedang dalam ancaman.

Efek buruk lainnya dari merokok adalah untuk kesehatan gigi. Gigi putih Anda dapat berubah warna menjadi kuning akibat membiasakan diri menghisap rokok.

Jika sudah terlanjur menjadi pecandu rokok, memang tidak mudah untuk berhenti. Bagi pecandu rokok, merokok bukan hanya sebatas menikmati asap dari tembakau, tapi efek dari merokok seolah bisa memberikan sesuatu yang lain, seperti merasa memiliki teman pada saat sedang sendirian, lebih bisa menikmati suasana, dsb.

Terlepas dari beberapa kenikmatan yang bisa Anda rasakan dengan menghisap rokok, bagaimanapun juga merokok sangat membahayakan kondisi kesehatan Anda sehingga apabila Anda punya niatan untuk berhenti, maka segeralah merealisasikan niatan Anda tersebut.

Bagi Anda yang berniat untuk berhenti menjadi perokok, berikut beberapa tips yang diharapkan berguna buat Anda.

Kurangi tingkat keseringan
Berhenti merokok biasanya tidak bisa dilakukan seketika, mulailah secara perlahan. Jika biasanya Anda menghabiskan satu bungkus dalam sehari, maka jadikan satu bungkus untuk tiga hari.

Terus kurangi tingkat keseringan Anda merokok sampai dalam beberapa minggu kedepan hingga Anda bisa berhenti secara total.

Faktor minuman
Sebaiknya untuk sementara waktu Anda berhenti meminum jenis minuman berkafein, seperti kopi. Minuman dengan kadar kafein tinggi dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok sehingga akan menghalangi usaha Anda untuk bisa berhenti.

Anda bisa kembali mengkonsumsi minuman berkafein setelah Anda benar-benar sudah bisa berhenti merokok.

Jangan menyendiri
Keinginan untuk merokok biasanya sangat kuat ketika Anda sedang sendirian. Jadi, selama dalam proses berusaha untuk berhenti sebaiknya Anda jangan suka menyendiri.

Jika Anda sedang luang, lakukan aktivitas tertentu atau ngobrol dengan sahabat (bukan perokok) agar Anda tidak ingat merokok.

Kunyah permen
Mengunyah permen juga bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Kunyalah permen karet pada saat Anda benar-benar merasa ingin merokok, seperti pada saat selesai makan.

Taruh permen disaku Anda untuk persiapan pada saat Anda sedang tidak berada dirumah. Dalam sejumlah kasus permen memang dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Konsultasi dengan mantan perokok aktif
Ini merupakan salah satu langkah penting yang bisa Anda coba dalam usaha untuk berhenti merokok. Seorang mantan perokok aktif dapat Anda mintai tips-tips sesuai dengan pengalaman yang bersangkutan bagaimana dia bisa berhenti merokok.

Related posts: