Cara Mendapatkan Pagerank Tinggi

Cara Mendapatkan Pagerank Tinggi
Tips mendapatkan pagerank bagus – Blog atau website yang memiliki reputasi selalu dicerminkan dengan kepemilikan pagerank yang tinggi. Sebenarnya pagerank bukan satu-satunya parameter untuk mengukur kredibilitas suatu weblog, namun realitanya memang tidak ada weblog yang memiliki kelas tanpa ber-pagerank.

Mendapatkan pagerank sebenarnya cukup mudah. Beda ceritanya jika untuk mendapatkan pagerank tinggi. Pagerank tinggi untuk ukuran personal blog itu berapa? Dalam hal ini tidak ada patokan khusus, namun untuk personal blog mendapatkan pagerank 2 sudah lumayan bagus. Jika Anda bisa mengelola blog Anda dengan sangat baik Anda bahkan bisa mendapatkan pagerank 4.

Mekanisme penentuan pagerank suatu weblog ada ditangan Google (Google Pagerank). Dan pada artikel ini kita akan mengulas apa saja kiat-kiat dan strategi yang harus dibangun untuk mendapatkan pagerank yang bagus. Pagerank weblog didapat berdasarkan adanya penilaian yang dilakukan Google kepada weblog terkait, dan bukan karena sebuah kebetulan.

Banyak cara untuk mendapatkan pagerank bagus, pagerank 3, pagerank 4 atau bahkan pagerank 5. Namun, pada artikel ini kita akan mengulas lebih dalam apa saja sebenarnya faktor yang benar-benar menjadi bahan perhitungan Google untuk memberikan pagerank atau pemeringkatan suatu weblog.

Backlink adalah salah satu faktor yang bisa menentukan berapa pagerank weblog Anda. Namun, ternyata banyak blogger yang salah dalam menanggapi pentingnya backlink untuk mendapatkan pagerank bagus. Perlu diperhatikan bawah, backlink tidak selalu menjadi faktor utama dalam pemeringkatan suatu weblog.

Berikut adalah beberapa hal mendasar dan sejumlah hal terpenting/paling pokok untuk mendapatkan pagerank tinggi.

Buatlah blog yang sehat
Seperti apa blog yang bisa dikatakan sehat itu? Seperti yang kita tahu bahwa ngeblog itu bukan sekedar menulis, tapi ada pekerjaan penting lainnya yang harus diperhatikan. Blog yang sehat adalah blog yang tidak memiliki link error atau page not found.

Bagi pengguna platform Blogger memang sangat sulit untuk menghindari “page not found”. Tidak jadi masalah, asalkan jumlah “page not found” tidak terlalu banyak.

Kualitas artikel
Artikel adalah tulang punggung masa depan blog Anda. Orang berkunjung ke blog Anda tentunya untuk membaca artikel Anda. Buatlah artikel yang bermutu untuk membantu blog Anda bisa mendapatkan pagerank tinggi.

Sebagian blogger sepertinya masih menyepelehkan hal ini, padahal kualitas artikel benar-benar menjadi bahan perhitungan Google untuk mendapatkan pagerank yang tinggi.

Jika artikel Anda berkualitas, maka pengunjung akan menghabiskan banyak waktu di blog Anda, dan prilaku pengunjung blog Anda akan dijadikan bahan ukuran oleh tim Google untuk memperingkatkan blog Anda.

Frekuensi update artikel
Blog yang terlalu lama fakum biasanya akan mengalami penurunan pengunjung. Penurunan pengunjung yang signifikan atau terus berlanjut dapat berimbas pada menurunnya pagerank. Maka, tugas Anda adalah menjaga frekuensi update artikel di blog Anda.

Jika Anda terlalu sibuk, usahakan setidaknya dalam 1-2 minggu Anda memposting satu artikel. Ini sangat penting demi menjaga posisi blog Anda di SERPs.

Penggunaan template yang tepat
Apa iya template bisa mempengaruhi pagerank? Secara langsung sepertinya tidak, tapi secara tidak langsung bisa.

Template adalah wadah dari keseluruhan isi blog Anda. Gunakan template yang tidak terlalu amburadul. Tidak harus terlalu SEO friendly atau dinamis, yang terpenting template tersebut memiliki struktur laman dan navigasi yang baik.

Jangan melakukan spam
Percayalah, tidak ada weblog spam yang bisa mendapatkan pagerank tinggi. Bahkan untuk mendapatkan pagerank 1 saja biasanya cenderung sangat sulit jika blog Anda terkategorikan sebagai blog spam.

Bagaimana ciri-ciri blog spam itu? Artikel asal tulis, menyebar backlink secara membabi-buta, menipu pengunjung, dll.

Menanam backlink
Seperti yang disinggung diatas, backlink merupakan salah satu modal untuk mendapatkan pagerank. Namun, perlu diingat bahwa link building atau teknik membangun backlink harus dilakukan dengan cara yang benar.

Bagaimana cara membangun backlink yang benar? Bangun backlink yang berkualitas, yaitu backlink dari weblog yang bereputasi atau satu tema dengan blog Anda. Variasikan anchot text dalam membangun backlink, usahakan Anda mencari beberapa backlink dofollow, membangun backlink harus dilakukan secara natural, jangan menanam backlink dari weblog yang bermasalah, konsisten, dst.

Kenalkan artikel di blog Anda dengan social media
Situs social media ada banyak, seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest, Digg, dll. Anda bisa melakukannya sendiri, tapi hasilnya tidak seberapa mempengaruhi pemeringkatan blog Anda jika Anda lakukan sendiri. Mengapa? Karena hanya dilakukan oleh satu IP Address, yaitu IP Anda. Jadi, tugas Anda adalah bagaimana supaya orang lain (visitor blog Anda) berkenan untuk melakukannya.

Ini memang bukan pekerjaan mudah, tapi Anda bisa merealisasikannya dengan cara memperbanyak artikel yang berkualitas dan berusaha untuk membuat pengunjung Anda merasa menemukan bahan bacaan yang menarik/berguna di blog Anda. Jika hal ini terjadi, maka pengujung Anda dengan sendirinya akan merasa tertarik untuk membagikan artikel Anda ke situs social media/social network.

Demikian tips untuk mendapatkan pagerank tinggi. Strategi mendapatkan pagerank memiliki persamaan dengan realitas teknik SEO. Terkadang emplementasi tekni SEO yang maksimal hasilnya juga belum tentu maksimal. Dalam hal ini strategi mendapatkan pagerank juga memiliki sisi persamaan, namun tetap ada patokan/standar yang bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan pagerank yang lebih baik, beberapa diantaranya adalah sebagaimana yang telah dijelaskan diatas.

Related posts: