FPI (Front Pembela Islam)

FPI (Front Pembela Islam)
Front Pembela Islam (FPI) - Organisasi yang mengatasnamakan dirinya sebagai front pembela ummat Islam ini didirikan pada tahun 1998, atau tepatnya pada tanggal 17 Agustus.

FPI diketuai oleh Habib Rizieq, sementara posisi ketua LPI adalah Munarman yang beberapa waktu lalu sempat diberitakan mendapat ancaman pembunuhan terkait dengan organisasi yang dipimpinnya.

Basis FPI berada di Jakarta. FPI membuat kantor pusat di ibu kota dan saat ini organisasi yang dianggap sangat identik dengan aksi 'kekerasan' ini sudah berhasil mengembangkan jaringannya hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.

Pada dasarnya FPI adalah organisasi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan serta pembelaan bagi segenap ummat Muslim di Indonesia. Namun, seringkali aksi-aksi FPI justru mendapat kecaman dari sebagian besar masyarakat, termasuk ummat Islam itu sendiri karena dianggap brutal.

Sama halnya dengan organisasi lainnya, organisasi FPI juga memiliki ideologi yang terus mereka jaga dan meraka amalkan. Terlepas dari anarkis dan tidaknya FPI dimata sebagian masyarakat, FPI selalu menegaskan bahwa pada prinsipnya FPI dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pengayoman kepada ummat Islam di tanah air.

Dibalik beragam opini dan realita tentang jati diri FPI, mungkin Anda memiliki penilaian tersendiri siapa FPI dalam sudut pandang Anda. Mungkin Anda pro dengan FPI, dan mungkin juga kontra.

Latar belakang pendirian FPI sesuai dengan klaim organisasi ini, diantaranya :

Adanya penderitaan panjang ummat Islam di Indonesia yang disebabkan oleh lemahnya kontrol sosial penguasa sipil dan militer akibat banyaknya aktivitas pelanggaran HAM dimana hal tersebut dilakukan oleh oknum penguasa.

Adanya kemungkaran serta kemaksiatan yang semakin menjadi-jadi diseluruh sisi kehidupan.

Adanya kewajiban untuk menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat Islam serta ummat Islam.

Struktur Organisasi FPI

Struktur organisasi FPI terdiri atas :

Dewan Pimpinan Pusat (pengurus organisasi berskala nasional)

  • Ketua Majelis Syura DPP FPI: Hb. Muhsin Ahmad Al-Attas
  • Ketua Majelis Tanfidzi DPP FPI: Habib Rizieq (2003-2008)

Dewan Pimpinan Daerah (pengurus organisasi berskala provinsi)

  • Ketua FPI bagian Surakarta (disingkat FPIS) adalah Abu Bakar Ba'asyir

Dewan Pimpinan Wilayah (pengurus organisasi berskala Kota/Kabupaten)

Dewan Pimpinan Cabang, (pengurus organisasi berskala kecamatan)

Selama riwayat keberadaannya di tanah air,  FPI sebenarnya sudah mendapat tuntutan pembubaran dari berbagai pihak, namun hingga saat ini FPI masih ada dan masih beraktivitas sebagaimana ideologi mereka.

Situs web resmi FPI : http://www.fpi.or.id/

Related posts: