Jenis jenis Satelit

Jenis jenis Satelit
Jenis jenis satelit - Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa secara umum satelit terbagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah satelit alam dan yang kedua adalah satelit buatan yang dibuat oleh manusia.

Secara umum, jenis satelit memang hanya ada dua. Namun secara keseluruhan jenis-jenis satelit ada banyak sekali. Dan berikut ini adalah jenis-jenis satelit yang sudah ada pada masa sekarang ini.

Satelit astronomi 
Satelit astronomi merupakan satelit yang digunakan untuk mengamati kondisi planet, galaksi, serta objek angkasa lainnya yang berada sangat jauh.

Satelit komunikasi
Adalah satelit buatan manusia yang diluncurkan ke angkasa untuk keperluan/fungsi telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro.

Satelit pengamat Bumi
Merupakan jenis satelit yang dirancang khusus untuk mengamati bumi dari orbit, seperti satelit reconnaissance namun ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan map, dll.

Satelit navigasi 
Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio, disalurkan kepenerima dipermukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik pada permukaan bumi.

Satelit mata-mata
Adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang kebanyakan digunakan oleh militer untuk kepentingan memata-matai.

Satelit tenaga surya
Satelit tenaga surya merupakan satelit yang dibuat di orbit Bumi tinggi dengan menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya pada antena berukuran sangat besar di bumi yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber tenaga konvensional.

Satelit cuaca
Seperti halnya namanya, satelit cuaca adalah jenis satelit yang digunakan untuk kepentingan mengamati kondisi cuaca.

Related posts: