Manakah yang lebih Unggul, BlackBerry Z10 atau iPhone 5?

Perbandingan BlackBerry Z10 dengan iPhone 5 - Akhir-akhir ini, pasaran telepon genggam telah banyak didominasi oleh OS Android dan juga smartphone dengan berbagai OS. Dengan semakin beragamnya fitur-fitur yang ditawarkan bagi para pengguna smartphone ini, kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan seperti urusan bisnis dengan rekan kerja, pergaulan, hingga untuk komunikasi yang lebih optimal dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Sebagian varian smartphone pertama yang masuk ke pasar Indonesia pada zamannya, BlackBerry memiliki keunggulan dari segi peminat. Selain karena harganya yang relative lebih terjangkau, para pengguna BlackBerry juga bisa memilih dan menentukan sendiri tipe apa saja yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kini, BlackBerry boleh dibilang telah menjadi telepon seluler sejuta umat karena saat ini hampir semua orang di Indonesia memiliki setidaknya 1 buah BlackBerry.

BlackBerry Z10

Namun, orang Indonesia saat ini pun pasti sudah sangat akrab dengan merek “Apple”. Seperti dilansir oleh situs GSM Arena, produsen gadget yang dikenal selalu memiliki fitur-fitur yang canggih ini pun meluncurkan seri terbaru untuk pasaran iPhone yaitu iPhone5 yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Dari segi proteksi layar, iPhone ini ternyata lebih unggul jika dibandingkan dengan BlackBerry. Teknologi touch screen yang juga dilengkapi dengan corning gorilla glass dan oleophobic coating memberikan keamanan ekstra bagi gadget yang satu ini, mengingat fungsi touch screen yang penggunaannya sangat vital untuk setiap varian Apple iPhone.

Setelah demam iPhone mulai menyebar di Indonesia di tahun 2013 ini, BlackBerry sebagai salah satu tipe smartphone yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat juga telah resmi merilis dan meluncurkan seri terbarunya, BlackBerry Z10 yang juga dapat dikategorikan sebagai salah satu high-end smartphone yang paling dinantikan oleh para BlackBerry user di tahun 2013. Namun sayangnya, sebagai salah satu high-end smartphone yang juga dilengkapi dengan fitur touchscreen, BlackBerry Z10 tidak dilengkapi dengan corning gorilla glass untuk proteksi yang lebih terhadap layar sentuhnya.

Memang hal itu menjadi salah satu kelemahan yang dimiliki oleh BlackBerry Z10, namun pihak produsen ternyata dapat menutupinya dengan berbagai fitur-fitur yang sepertinya lebih unggul dari iPhone sebagai pesaing terberatnya. Berbagai informasi lebih lengkap mengenai fitur, aplikasi dan harga BlackBerry Z10 dapat anda akses di situs resmi yang tersedia.


Memori

Dari segi memori, BlackBerry memiliki slot memori eksternal yang dapat diupgrade hingga 64 GB, ditambah dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Bagi anda yang tertarik untuk menjadi salah satu pengguna BlackBerry karena tuntutan bisnis yang mengharuskan anda untuk selalu mengupdate berbagai informasi terbaru perihal dunia bisnis yang sedang anda geluti, tipe Z10 ini juga sangat mendukung kebutuhan anda.

Kamera

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, BlackBerry Z10 memiliki spesifikasi kamera yang lebih unggul jika dibandingkan dengan dengan iPhone5. Sama-sama memiliki kamera belakang dengan kualitas 8 Mega Pixels, tetapi Z10 juga dilengkapi dengan kamera depan dengan ketajaman 2 Mega Pixels yang sangat ideal untuk menangkap berbagai objek fotografi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Ukuran Layar

Dari segi bobotnya, iPhone5 lebih unggul karena memiliki bobot yang lebih ringan sehingga lebih nyaman utuk dibawa kemana-mana, tetapi dari segi dimensinya sendiri, Z10 mampu  mengungguli iPhone5 dengan 0,2 inch lebih besar. Tampilan layar yang lebih besar ini cukup membuat pengguna Z10 merasa lebih nyaman ketika menonton video.

BlackBerry Messenger

Aplikasi BBM atau BlackBerry Messenger juga menjadi pertimbangan utama para pengguna BlackBerry. Keistimewaan aplikasi ini adalah, hanya terdapat pada BlackBerry saja. Berbeda dengan iPhone yang hanya menggunakan aplikasi hasil download untuk keperluan chatting dan messaging, BlackBerry Messenger tidak dapat didownload di smartphone lain selain BlackBerry.

User Friendly

Bagi mereka yang merupakan kaum sosialita, BlackBerry Z10 juga boleh jadi merupakan pilihan yang sangat tepat karena dengan berbagai kemudahan dan fitur-fitur yang telah terintegrasi dengan jaringan internet semakin memudahkan mereka untuk berkomunikasi dan bersosialisasi baik itu untuk keperluan bisnis atau hanya untukhiburan semata, BlackBerry Z10 merupakan pilihan yang tepat bagi mereka.

Ditulis oleh : Nina Lia - http://ninokikira.wordpress.com/

Related posts: