Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Satu Bulan Penuh

Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Satu Bulan Penuh
Cara agar bisa kuat puasa dan mampu menahan lapar - Tiba bulan suci Ramadhan setiap umat  Muslimin/Muslimat diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, terkecuali ada halangan tertentu yang tidak memungkinkan seseorang untuk berpuasa. Namun, dikemudian hari yang bersangkutan tetap diwajibkan untuk membayar atau berpuasa dilain hari.

Puasa adalah sebuah tindakan sukarela untuk menjauhi hal-hal yang dilarang oleh ajaran Islam dan menjalankan semua perintah-perintah Allah SWT. Selama berpuasa kita tidak diperkenankan untuk makan dan minum hingga tiba waktu berbuka. Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan untuk melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan puasa kita tidak diterima (batal), seperti memasukkan air ketelinga kita, membicarakan hal buruk orang lain, dsb.

Untuk bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh memang dibutuhkan persiapan yang baik. Persiapan tersebut meliputi, pola hidup yang sehat, persiapan mental, menambah kuantitas keimanan, banyak membaca ayat suci Alqur'an, dsb. Berpuasa sebulan penuh sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan asalkan kita mau intropeksi diri, belajar menjadi orang yang sabar, ingat sama Tuhan, dan berusaha untuk membuka mata hati kita bahwa kenikmatan hidup yang kita kecap adalah nikmat serta ujian dari Allah SWT.

Untuk memastikan kita "dengan izin Allah" mampu berpuasa sebulan penuh dan bisa menahan dahaga serta rasa lapar, berikut beberapa tips yang diharapkan berguna dan memberikan manfaat.

Berlatihlah menjadi orang yang sabar
Dengan menjadi pribadi yang senantiasa bersifat sabar Anda akan diberikan kemampuan oleh Allah SWT. untuk menahan setiap gejolak nafsu Anda selama menjalankan ibadah puasa.

Waktu tidur yang teratur
Faktor kesehatan tubuh Anda sangat mempengaruhi usaha Anda untuk bisa berpuasa sebulan penuh. Aturlah waktu tidur malam Anda sebagaimana mestinya, dan tidurlah siang selama -/+ satu jam.

Jangan melewatkan makan Sahur
Tiba waktu makan Sahur, jangan melewatkannya dan lebih memilih melanjutkan tidur. Agar Anda tidak merasakan lapar yang berlebihan, maka pastikan Anda selalu melakukan makan Sahur.

Jadwalkan untuk membaca Al-Qur'an
Membaca Al-Qur'an dapat memberikan Anda energi positif. Selain mendapatkan pahala, membaca Al-Qur'an juga bisa memberikan Anda banyak manfaat, salah satunya adalah Anda akan selalu mengingat kebesaran Allah SWT.

Hindari tempat atau suasana yang bisa membatalkan puasa Anda
Apabila Anda punya tetangga atau teman yang tidak sedang berpuasa, dan disisi lain Anda merasa mereka bisa menggoyahkan niatan Anda untuk berpuasa sebulan utuh maka sebaiknya Anda menghindari mereka.

Demikian tips untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, semoga bisa membuka mata hati kita semua.

Kembali pada diri kita masing-masing, sebenarnya berpuasa di bulan suci Ramadhan selama satu bulan itu sama sekali tidak memberatkan dan InsyaAllah kita pasti bisa melakukannya, buktinya anak kecil saja banyak yang mampu melaksanakannya. Jadi, semuanya kembali pada nilai keimanan kita.

Related posts: