Tips Mempertahankan Pengunjung Blog Agar Tetap Banyak

Cara Mempertahankan Pengunjung Blog Agar Tetap Banyak
Cara menjaga posisi artikel di search engine – Salah satu tujuan utaman blogging adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung. Teknik mendatangkan pengunjung sendiri diemplementasikan secara bertahap dengan menggabungkan sejumlah metode dari waktu ke waktu. Ketika semuanya sudah berjalan sebagaimana mestinya, maka blog yang tadinya sepi akan beranjak dikunjungi banyak orang karena sudah berhasil menampakkan diri di SERPs.

Mendapatkan banyak visitor memang bukan pekerjaan yang mudah. Selain harus menempuh berbagai macam cara, membangun traffic blog juga membutuhkan waktu. Proses mendatangkan traffic untuk blog tidak bisa ditempuh dengan cara-cara yang instant. Semuanya dimulai dari awal dan sangat terstrukur. Setelah menempuh sekian tahapan dan proses optimasi blog telah berjalan dengan baik, selanjutnya pengelola akan melihat hasilnya, yakni meningkatnya kunjungan per harinya.

Kendati untuk mendapatkan traffic sudah dirasa cukup melelahkan, ketika blog sudah berhasil mendapatkan high traffic masih ada pekerjaan lain bagi seorang blogger, yaitu untuk mempertahankan traffic tersebut. Seperti yang kita tahu, bahwa posisi artikel di SERPs tidak bersifat permanent sehingga beberapa artikel yang sebelumnya menyumbangkan banyak traffic untuk blog dengan sendirinya bisa tergeser lantaran adanya perubahan pada database search engine yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti perubahan algoritma search engine, faktor kompetitor, dll.

Pada postingan ini kita akan mengulas beberapa teori untuk menjaga traffic blog agar tetap konsisten dan tidak drop secara signifikan. Ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam menekuni rutinitas blogging. Seramai apapun blog kita, ia tidak pernah memberikan jaminan bahwa traffic blog akan bertahan tanpa adanya upaya-upaya untuk menyiasati penurunan traffic dikemudian hari. Trafik tinggi pada minggu atau bulan ini, kondisinya bisa berubah drastis pada minggu atau bulan-bulan berikutnya.

Berikut beberapa cara untuk mempertahankan trafik blog agar tidak turun secara signifikan seiring dengan berjalannya waktu.

1. Buatlah artikel pilar
Artikel pilar bak sebuah benteng untuk blog Anda. Dengan danya artikel blog Anda cendrung akan mendapatkan trafik dari search engine secara konsisten. Buatlah artikel pilar yang berkualitas, kemudian carikan backlink untuk artikel tersebut.

2. Artikel harus berkualitas
Yang menilai bagus-tidaknya artikel Anda memang mesin pencari, namun mesin pencari seperti Google mampu mendeteksi kualitas suatu artikel dengan menggunakan teori tertentu. Jika artikel Anda dinilai tidak berkualitas, maka besasr kemungkinan posisinya akan cepat tergusur dari top 10 results.

3. Usahakan memposting banyak artikel bukan trending topic
Artikel yang sifatnya trending memang akan memberikan "ledakan", namun ia hanya bertahan sesaat. Perbanyak memposting artikel yang akan terus dibutuhkan pengunjung sampai kapanpun, seperti artikel tutorial blog, tips komputer, artikel pendidian, dll.

4. Frekuensi update teratur 
Semakin rajin Anda menulis artikel akan semakin berdampak baik untuk blog Anda. Jangan biarkan blog fakum dalam waktu yang cukup lama.

5. Gunakan anchor text untuk menghubungkan beberapa artikel
Anchor text atau menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya dalam satu blog adalah untuk membantu masing-masing artikel agar tetap bisa besaing di SERPs. Jangan pernah meniadakan anchor text pada saat Anda menulis artikel.

6. Dapatkan backlink secara natural dan terus berkelanjutan
Backlink memang bukan satu-satunya faktor untuk menjaga posisi artikel Anda di Search engine,
tapi hampir bisa dipastikan blog Anda akan tegeser dengan sangat cepat jika tidak memiliki backlink dalam jumlah yang memadai.

7. Jangan terlalu sering mengganti template
Jika Anda baru pertama kali ngeblog, Anda mungkin tidak menyadari bahwa mengganti template itu ada aturan mainnya. Terlalu sering mengganti template akan berdampak cukup buruk, bahkan membuka potensi untuk masuk ke sandbox Google karena disinyalir sebagai blog spam.

8. Hindari teknik SEO telarang
Jangan pernah menggunakan teknik SEO blackhat. Optimasi blog harus berjalan secara natural dengan mengikuti aturan yang ada. Teknik SEO blackhat dan optimasi yang berlebihan harus dihindari jika Anda serius ingin mengembangkan blog Anda serta bisa mempertahankan pengunjung blog Anda.

9. Gabung di forum yang relevan
Ada banyak sekali forum online yang dapat Anda manfaatkan untuk mensosialisasikan blog Anda dalam upaya untuk meningkatkan serta mempertahankan traffic blog, seperti halnya BL-FORUM. BL-FORUM merupakan forum online yang lebih dikhususkan untuk kalangan blogger dan netpreneur. 

Related posts: