Tips Mengatasi Bau Mulut Selama Berpuasa

tips menjaga bau mulut selama berpuasa
Tips menjaga bau mulut selama berpuasa - Jika Anda khawatir mulut Anda akan berbau selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk menjaga bau mulut Anda.

Memang begitu banyak kemungkinan penyebab bau mulut yang bisa menganggu Anda, dan jika Anda mengalaminya, sebaiknya cari tahu apakah bau tersebut disebabkan mulut Anda mengering karena berpuasa Ramadhan, atau karena masalah yang lain.

Apabila Anda meyakini bau mulut yang terjadi akibat mulut kering lantaran sedang berpuasa, menurut salah seorang praktisi klinis, Ari Fahrial Syam, Anda dapat meminimalkannya dengan cara-cara sebagai berikut :

  • Menggosok gigi dan lidah setelah makan sahur, dan berbuka puasa untuk menjaga kebersihan mulut.
  • Gunakanlah benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela pada gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.
  • Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas pada saat Anda berbuka dan makan sahur.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan selama berbuka dan makan sahur.
  • Jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan mulut Anda, diantaranya adalah semangka, dan bengkoang. Semangkan dan bengkoang kaya akan kandungan air sehingga akan berdampak baik pada kesehatan mulut Anda, dan menghindarkan mulut Anda dari bau yang tidak sedap.
  • Usahakan untuk tidak merokok. Merokok dapat memperburuk kebersihan pada mulut dan akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Jangan mengkonsumsi makanan berorama tajam, seperti bawang, petai, jengkol, durian, dll.
  • Hindarilah jenis makanan yang mudah lengket digigi, seperti cokelat, es krim, biskuit, atau jenis-jenis kue basah lainya.

Demikian beberapa tips untuk menjaga dan menghilangkan bau mulut selama menjalankan ibadah pusa. Sebenarnya sebagian tips diatas tidak hanya cocok untuk diamalkan selama bulan puasa, tapi untuk hari-hari diluar bulan puasa pun Anda bisa menerapkannya agar gigi atau mulut Anda bebas dari bau yang tidak diinginkan.

Related posts: