Trik Mendapatkan Alexa Rank Bagus

Trik Alexa Rank Bagus
Cara meningkatkan Alexa rank – Popularitas dan kredibilitas suatu weblog dapat dilihat dari berbagai sisi, salah satunya adalah dengan memiliki Alexa rank yang bagus. Alexa adalah web analytic yang dijadikan rujukan banyak orang untuk menilai kualitas suatu blog atau website.

Perlu diketahui bahwa trafik tinggi atau banyak pengunjung tidak selalu diiringi dengan pemeringkatan Alexa yang bagus, hal ini dikarenakan penilaian yang dilakukan Alexa tidak hanya bergantung pada trafik tinggi semata, tapi masih banyak faktor-faktor lainnya yang akan menentukan baik-tidaknya Alexa rank suatu blog, salah satunya adalah niche.

Mendapatkan banyak visitor merupakan sebuah pencapaian yang sangat menyenangkan dan akan memotivasi kita untuk semakin serius dalam ngeblog. Namun, hal tersebut masih serasa kurang lengkap tanpa memiliki Alexa ranking yang bagus. Dan pada artikel ini kita akan berbagi tips dan trik untuk memperbaiki Alexa rank weblog yang kita kelola.

Apa saja faktor yang menyebabkan Alexa rank suatu blog berada pada peringkat yang baik?

Seperti yang disinggung diatas, bahwa ada banyak sekali hal-hal yang menjadi penentu baik-tidaknya ranking blog Anda versi Alexa, diantaranya :

- Jumlah trafik
- Niche
- Frekuensi update
- Dll.

Selain ketiga faktor penting diatas, sebenarnya masih banyak sekali faktor-faktor penting lainnya yang akan menentukan pemeringkatan blog Anda. Faktor-faktor penting tersebut akan kita bahas secara tuntas pada artikel ini.

Faktor trafik adalah penilaian utama dalam pemeringkatan situs/blog, dan dalam hal ini Anda mungkin tertanya-tanya, kenapa blog yang ramai pengunjungya Alexa rank nya tidak terlihat bagus, dan blog yang tidak memiliki trafik tinggi justru memiliki Alexa rank lebih baik.

Kembali pada sejumlah materi penilaian yang digunakan Alexa dalam memberikan peringkat sebagaimana telah  dijelaskan diatas, bahwasannya bukan hanya trafik tinggi yang menjadikan peringkat suatu blog bisa berada pada level yang bagus.

Alexa rank berbeda dengan Google pagerank. Namun, dalam sisi tertentu keduanya juga memiliki persamaan. Jika Anda ingin mendapatkan Google pagerank yang bagus, silakan baca artikel tips untuk mendapatkan pagerank tinggi.

Cara meningkatkan Alexa rank blog

Daftarkan blog Anda ke Alexa
Jika Anda ingin mendapatkan Alexa rank yang bagus, mendaftarkan blog ke Alexa adalah langkah awal untuk merealisasikan harapan Anda mendapatkan Alexa rank yang bagus.

Verifikasi blog Anda dengan memasang kode verifikasi yang diberikan
Pada saat melakukan pendaftaran, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasang kode verifikasi ke blog Anda. Pasanglah kode verifikasi tersebut pada template blog Anda secara sempurna.

Pasang widget Alexa rank di blog Anda
Memasang widget Alexa rank diyakini banyak blogger dapat membantu peringkat blog menjadi lebih baik.

Menurut kami memasang widget Alexa rank di blog bukan prioritas, tapi Anda tetap bisa mencobanya jika masih banyak space tersisa pada laman blog Anda.

Install Alexa Tool Bar di web browser yang Anda gunakan (prioritas)
Pasanglah Alexa Toolbar pada web browser yang Anda gunakan (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll).

Memasang Alexa Toolbar termasuk prioritas, jadi pastikan Anda memasang Alexa Toolbar pada web browser yang Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk memudahkan Alexa dalam melakukan pemantauan terhadap aktivitas (trafik) pada blog Anda.

Berusahalah untuk mendapatkan Review dari pengunjung Anda
Dampak dari adanya Review memang tidak terlalu signifikan, tapi tetap memberikan nilai lebih pada blog Anda.

Anda bisa bertukar Review dengan rekan blogger lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan Alexa rank blog Anda, dan blog teman Anda.

Jika Anda tidak keberatan, silakan tuliskan Review untuk blog ini. Klik disini untuk menulis Review.

Membuat blog dengan niche khusus, contoh: tutorial blog, bisnis online, tips komputer, dll. (prioritas)
Niche merupakan salah satu faktor terpenting dalam pemeringkatan blog versi Alexa. Jika Anda memiliki blog dengan niche khusus, maka kesempatan untuk mendapatkan Alexa rank yang bagus semakin mudah.

Mohon dicatat! Tidak semua niche khusus berpeluang mendapatkan Alexa rank bagus, pilihlah niche yang populer, seperti niche seputar blog, gadget, bisnis, dll.

Update blog Anda secara terjadwal (prioritas)
Jangan biarkan blog Anda fakum dalam waktu yang lama, karena akan berdampak pada penurunan trafik, dan juga penurunan Alexa rank.

Hindari terlalu banyak memposting artikel diluar niche utama blog Anda
Semakin banyak artikel yang keluar dari relevansi tema utama blog Anda, maka akan semakin memperburuk Alexa rank blog Anda.

Dapatkan pengunjung dari IP luar negeri
Mendapatkan visitor dari IP luar negeri tentunya tidak mudah mengingat target audience blog Anda (blog bahasa Indonesia) adalah visitor lokal. Anda bisa mendapatkan visitor luar negeri dengan cara berkunjung ke blog luar negeri dan meninggalkan komentar yang berkesan sehingga pemilik blog tersebut merasa tertarik untuk mengunjungi blog Anda.

Jaga kualitas blog Anda
Menjaga kualitas blog Anda; artikel berkualitas, relevan, akurat adalah bagian dari serangkaian cara untuk mendapatkan Alexa rank yang bagus.

Pastikan kualitas blog Anda tetap terjaga, dan tidak keluar dari topik pembahasan utama blog Anda.

Demikian tips untuk meningkatkan Alexa rank yang bagus, semoga berguna dan dapat memberikan pemahaman kepada Anda.

Related posts: