9 Hal Penyebab Blogger Indonesia Banyak Yang Gagal

9 Hal Penyebab Blogger Indonesia Banyak Yang Gagal
Meskipun blogging sudah menjadi aktivitas online yang sangat populer bagi kalangan netter tanah air, namun cukup sedikit dari mereka yang mampu meraih kesuksesan. Jika dibandingkan dengan blogger manca khususnya blogger India, Amerika, dan beberapa negara Eropah, saat ini blogger Indonesia masih tertinggal jauh.

Kesuksesan dalam blogging dapat dinilai dari beberapa sisi, mulai keberhasilan membangun sebuah brand, mendatangkan trafik secara maksimal, dan keberhasilan dari sisi revenue atau penghasilan. Ketika Anda sudah mencapai satu dari ketiga hal tersebut, maka Anda sudah bisa berpuas diri karena pada dasarnya Anda sudah berhasil dalam ngeblog.

Disatu sisi ngeblog terlihat cukup sederhana, dan disisi lainnya ngeblog merupakan sebuah aktivitas yang menuntut kita untuk bekerja ekstra, inovatif, konsisten, dan kaya akan ide. Untuk bisa menjadi blogger sukses kita harus mengerti tata cara ngeblog yang benar, dan siap untuk bekerja keras, karena tidak ada satupun blogger dijagat maya ini yang berhasil menuai kesuksesan berbekal ilmu ngeblog yang salah serta menjalaninya dengan setengah hati.

Apapun yang melatarbelakangi Anda menjadi seorang blogger, saya yakin tujuan Anda dalah untuk meraih kesuksesan darinya. Jika tidak, untuk apa menyisakan banyak waktu membuat dan merawat blog. Untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung diperlukan usaha keras, untuk bisa membangun brand dibutuhkan strategi, dan untuk bisa menembus persaingan dibutuhkan taktik. Bentuk-bentuk kegiatan semacam ini dilakukan secara berkelanjutan oleh seorang blogger sehingga hal tersebut membutuhkan kemauan kuat dan konsistensi.

Artikel ini ditulis dengan maksud untuk memberikan suntikan motivasi kepada sobat blogger tanah air, serta untuk memberikan bahan pembelajaran atau wawasan agar bisa menghindari etika dan cara ngeblog yang salah sehingga kedepannya bisa menjadi blogger yang mampu menembus predikat sukses, sekecil apapun level kesuksesannya.

Mengapa hanya sedikit blogger Indonesia yang berhasil mengecap kesuksesan padahal jumlahnya sangat banyak? Berikut jawabannya.  

1. Tidak mengerti cara ngeblog
Kebanyakan blogger tanah air tidak mendalami teknik blogging secara mendalam, padahal untuk bisa menjadi blogger sukses modal awal yang harus dimiliki adalah pemahaman dan wawasan tentang hirup-tikup blog harus dipersiapkan.

Sebagian blogger tanah air hanya ngeblog semaunya. Tanpa persiapan, tanpa memiliki konsep, tanpa keseriusan yang cukup, dan asal nulis saja.

2. Ingin cepat berhasil
Membangun blog membutuhkan waktu yang cukup panjang. Keberhasilan dalam mengembangkan sebuah blog tidak bisa ditempuh dalam waktu 1-2 minggu. Banyak waktu yang kita butuhkan sampai blog yang kita buat dan kembangkan benar-benar bisa hidup.

Kurang memahami cara ngeblog yang efektif, dan ingin berhasil secepat mungkin, alhasil bukannya dekat dengan kesuksesan, tapi justru menjadikan semuanya amburadul.

3. Mudah menyerah
Untuk bisa menjadi blogger sukses dibutuhkan mental yang kuat. Mari kita lihat history para senior, semuanya harus jatuh-bangun terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa mengecap manisnya.

Jika Anda menyimpan harapan untuk bisa menjadi blogger yang berhasil, maka buang jauh-jauh sifat mudah putus asa Anda.

4. Tidak konsisten
Konsistensi adalah salah satu kunci terpenting dalam ngeblog. Ngeblog merupakan sebuah aktivitas jangka panjang dimana setiap saat Anda dituntut untuk bisa memberikan sesuatu dan menghasilkan sesuatu.

Buat diri Anda semenikmati mungkin saat blogging, dengan demikian konsistensi itu akan tumbuh dengan sendirinya dalam diri Anda, dan Anda senantiasa merasa terdorong untuk terus berkarya.

5. Tidak memperhatikan etika ngeblog
Salah satu kesalahan fatal penyebab banyaknya blogger lokal menuai kegagalan adalah dikarenakan mereka kurang memperhatikan etika dalam ngeblog yang mestinya selalu bisa dijaga. Bentuk-bentuk pelanggaran dalam ngeblog, diantaranya adalah pelanggaran hak cipta, mencuri artikel blogger lain, dsb.

Jangan menduplikasikan karya orang lain dengan cara apapun jika Anda menyimpan mimpi untuk menjadi blogger sukses.

6. Kurang kreatif
Bagi sebagian blogger, khususnya pemula mungkin mereka berpikir bahwa ngeblog itu hanya sebatas membuat blog, menulis artikel, dan melakukan promosi supaya bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Semakin lama Anda ngeblog, maka Anda akan mengerti bahwa untuk bisa meraih kesuksesan dari blog dibutuhkan sebuah kreativitas dalam berbagai hal.

7. Kurang maksimal
Sama halnya dengan bidang aktivitas off-line, persaingan dalam blogging juga sangat tinggi sehingga menuntut kita untuk benar-benar siap.

Lakukan semuanya dengan maksimal agar Anda tidak menjadi blogger yang gagal. Jika usaha Anda tidak cukup maksimal, bagaimana mungkin Anda bisa meraih kesuksesan sementara mereka melakukan lebih barik dari Anda.

8. Ngeblog tanpa target 
Dalam ngeblog kita harus memiliki target yang jelas. Target yang dimaksudkan disini bukanlah target asal-asalan yang tidak sesuai dengan volume usaha Anda, tapi sebuah target yang diukur dengan kemampuan dan modal yang sudah Anda miliki.

Anda harus memiliki target secara bertahap, jika tidak maka Anda tidak akan bisa menjadi blogger sukses meskipun sebenarnya Anda sudah melakukan banyak hal.

9. Pelanggaran hak cipta
Ada banyak sekali jenis-jenis pelanggaran hak cipta yang bisa menutup kesempatan kita untuk bisa menjadi blogger yang mampu menuai keberhasilan. Adapun beberapa bentuk pelanggaran yang harus dihindari diantaranya adalah copy-paste artikel tanpa izin (tidak menyertakan link sumber), menggunakan gambar berhak cipta tanpa mengikuti prosedur, menyediakan link download secara ilegal, dsb.

Jika Anda ingin menjdi blogger sukses, hindari menduplikasi materi milik orang lain. Anda harus bisa lebih kreatif, imajinatif, dan fokus.

Related posts: