Cara Memperbaiki Handphone Android Hang Atau Lemot

Cara Memperbaiki Handphone Android Hang Atau Lemot
Android adalah mobile OS terbesar saat ini, menggeser beberapa sistem operasi ponsel kenamaan lainnya, seperti Symbian, dan Windows Mobile. Saat ini Android benar-benar sedang menunjukkan keperkasaannya. Android menguasai sekitar 74 % pasar ponsel pada detik ini. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa OS yang dibuat oleh Google ini.

Popularitas Android bukan hanya dinegara-negara Amerika, dan Asia timur. Android juga sangat familiar bagi kalangan pengguna smartphone lokal. Sudah banyak brand-brand ponsel lokal yang sudah mulai menggunakan Android sebagai operating system produk merk mereka, seperti Cross, Mito, Smartfren, dll.

Semakin kaya akan fitur, maka ponsel akan semakin rentang dengan berbagai macam kendala. Seperti loading lambat, hang, dan lain sebagainya. Pada serial posting seputar Android kali ini kita akan mengupas cara untuk mengatasi hp Android hang atau error. Android merupakan OS yang menyediakan banyak sekali fitur-fitur penting sehingga disisi lain OS ini juga akan mengalami gejala permasalahan tertentu jika penggunaan ponsel dilakukan secara kurang prosedural atau asal pakai.

Seperti halnya kemampuan OS Android dalam memanjakan penggunanya, disisi lain OS ini juga dapat menemui titik error yang dipicu oleh berbagai kondisi, diantaranya user menginstal aplikasi yang tidak atau kurang kompatibel dengan versi Android pada ponsel, terlalu banyak aplikasi aktif pada saat yang bersamaan, prilaku pengisian ulang baterai yang tidak teratur, dsb.

Berikut beberapa tips hp Android cara untuk mengatasi handphone berbasis Android yang mengalami hang atau lemot.

1. Lakukan penyesuaian jumlah aplikasi dengan RAM 
Ini sangat penting guna menjaga performa ponsel Android Anda. Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi sementara RAM ponsel Anda tidak berkapasitas besar.

Jika Anda menumpuk sedemikian banyak aplikasi dengan kapasitas RAM yang tida mencukupi, maka selain bisa menyebabkan ponsel lemot hal ini juga akan membuat ponsel Anda hang.

2. Perhatikan kapasitas memori eksternal 
Meskipun secara teori ponsel dapat digunakan untuk memasang memori eksternal berkapasitas besar, namun sebaiknya Anda tidak mengisi memori ekseternal secara total/full.

Apabila kapasitas memori eksternal ponsel Anda sangat besar, dan Anda menggunakan semua space yang tersedia, maka hal ini akan mempengaruhi kinerja ponsel alias lemot.

3. Install aplikasi Auto Task Killer
Aplikasi ini sangat penting bagi ponsel Anda. Fungsi dari aplikasi Auto Task Killer adalah untuk mematikan secara otomatis aplikasi tertentu yang tidak sedang digunakan oleh user (Anda). Selain dapat menjaga performa ponsel, aplikasi Auto Task Killer juga dapat menghemat baterai ponse.

4. Cabut-pasang baterai ponsel
Jika Anda mendapati ponsel Anda hang, salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah mencabut baterai ponsel dan biarkan temperatur ponsel mendingin terlebih dulu. Setelah ponsel dalam keadaan dingin, silakan pasang kembali baterainya dan hidupkan ponsel Anda.

5. Reset ponsel ke pengaturan awal
Ini merupakan langkah terakhir untuk mengatasi hang yang terjadi pada ponsel Android Anda. Sebaiknya Anda jangan menggunakan cara ini terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan cara-cara lainnya diantaranya sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. Reset akan menyebabkan semua aplikasi terhapus dan hal ini tentunya mengharukan Anda untuk memasang ulang semua aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang di ponsel Anda.

Related posts: