Cara Mengatasi HP Android Loading Lambat

Cara Mengatasi HP Android Loading Lambat
Tips mengatasi handphone Android loading lambat akan kita bahas pada posting tips gadget kali ini. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini Android merupakan sistem operasi ponsel (OS) yang paling banyak digunakan. OS Android dipasangkan pada hampir semua brand ponsel ternama, seperti Samsung, LG, SonyEricsson, dll.

Di Indonesia sendiri popularitas OS Android saat ini sudah menjadi nomor wahid. Jika dalam beberapa tahun sebelumnya Symbian menguasai pasar Indonesia, maka sekarang popularitas OS non Andorid sudah tergusur oleh kedigdayaan OS milik Google ini. Popularitas Android semakin melejit setelah Samsung lewat sejumlah produk unggulannya berhasil meningkatkan angka penjualan diberbagai negera, termasuk di Eropah dan Amerika.

Kembali ke topik pembahasan, yaitu cara mengatasi handphone Android yang loadingnya lambat alias lemot. Loading lambat yang dialami oleh ponsel, baik ponsel Android, maupun ponsel non Android disebabkan oleh banyak hal, dan pada artikel ini kita akan mencoba mengurai apa saja yang dapat menyebabkan loading ponsel menjadi lambat sehingga nantinya Anda bisa menemukan solusinya setelah mengetahui penyebabnya.

Memori full
Kebanyakan ponsel keluaran terbaru memiliki dua kapasitas penyimpanan, yaitu memori internal (ponsel), dan memori eksternal (memory card).

Jangan menggunakan semua kapasitas pada kedua memori tersebut karena dapat menyebabkan loading ponsel menjadi melambat akibat terlalu banyak menampung data.

Cache history web
Ini adalah salah satu biang keladi mengapa ponsel Android Anda serasa sangat lambat dalam memuat.

Jika Anda sering internetan, baik untuk download maupun sekedar browsing, pastikan Anda rajin membersihkan cache dan riwayat jelajah web agar loading ponsel Anda tetap bisa maksimal.

Aplikasi bermasalah
Aplikasi bermasalah yang dimaksudkan disini adalah aplikasi yang kurang kompatibel dengan tipe ponsel Android Anda.

Setiap aplikasi biasanya terbagi menjadi beberapa versi/tipe. Pastikan spesifikasi ponsel Anda sesuai dengan seri/versi dari aplikasi yang Anda gunakan agar tidak berimbas pada lambatnya loading ponsel Anda.

Banyak aplikasi aktif
Mengaktifkan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan juga sangat berpotensi menjadikan loading ponsel menjadi sangat lambat.

Dalam beberapa tipe ponsel Android sudah tersedia sebuah aplikasi untuk mematikan aplikasi yang tidak diperlukan. Jika pada handphone Anda tidak terdapat aplikasi tersebut, silakan download dan install di ponsel Anda agar tidak mengganggu kinerja ponsel Anda.

Penggunaan tidak prosedural
Menggunakan handphone secara asal-asalan juga sangat rentang menyebabkan terjadinya kerusakan pada ponsel, termasuk menjadikan loading ponsel lambat.

Penggunaan ponsel yang tidak beraturan selain dapat menyebabkan ponsel sering hang, ia juga bisa merusak kesehatan OS ponsel dan membuat baterai ponsel cepat habis atau drop.

Related posts:

No response yet for "Cara Mengatasi HP Android Loading Lambat"

Post a Comment