Terbaru

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar
Mengatasi computer bermasalah dimana CPU hidup, tapi monitor tidak bereaksi. Pada posting tips komputer kali ini kita akan berbagi cara mengatasi komputer rusak dimana CPU nyala namun monitor tidak mendeteksi proses pada CPU atau pada layar monitor muncul pesan no signal.

Kondisi semacam ini memang sangat sering dijumpai oleh seorang user. Perlu diingat bahwa monitor sejatinya hanya sebuah perangkat untuk menampilkan output dari suatu aktivitas yang diproses pada CPU, dan jika terjadi permasalahan pada salah satu hardware di CPU, maka output/hasil aktivitas yang diproses pada CPU tidak akan bisa dilihat dimonitor.

Komputer terdiri atas berbagai macam komponen hardware yang ada pada CPU, dan jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen hardware di CPU, misalkan RAM (random access memory), maka komputer Anda tidak akan bisa bekerja dengan normal, layar monitor blank/tidak mereaksi adalah salah satu dari kesekian kasus yang sering terjadi.

Lewat artikel ini kita akan mencoba mengenali apa sebenarnya penyebab komputer Anda tidak bisa bekerja secara normal atau CPU hidup tapi layar monitor blank/tidak merespon. Ada banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi pemicunya, akan tetapi pada intinya hal ini lebih dikarenakan permasalahan pada hardware dalam CPU.

Untuk menemukan penyebab pasti monitor tidak merespon aktivitas pada CPU Anda harus melakukan beberapa pengecekan diikuti dengan langkah-langkah diagnosa pada hadware CPU.

Artikel terkait teknik komputer :


Lakukan pengecekan pada beberapa hardware di CPU. Beberapa hardware yang sering menjadi pemicu, sbb:

RAM/memori
Kasus komputer hidup tapi tidak direspon oleh monitor dikarenakan RAM rusak sangat sering terjadi, namun ia juga bukan berarti RAM yang Anda gunakan sudah rusak. Terkadangan RAM dalam kondisi berdebu sehingga gagal bekerja seara normal. Cabut RAM dari slotnya dan coba bersihkan.

Jika setelah RAM selesai Anda bersihkan dan Anda pasangkan kembali tidak ada perubahan, maka solusinya Anda harus meminjam RAM komputer teman Anda agar bisa memastikan bahwa RAM memang rusak atau ada masalah pada hardware yang lainnya.
Indikator RAM rusak; CPU akan mengeluarkan bunyi beep panjang atau bunyi beep secara berulang-ulang pada saat Anda nyalakan CPU.

VGA
Kartu grafis atau VGA juga bisa menjadi biang keladinya. Selain RAM rusak, kartu grafis bermasalah juga seringkali menjadi penyebabnya. Pastikan VGA tidak masih bisa digunakan dengan menggunakan cara-cara diatas.

Coba bersihkan dulu VGA nya, karena VGA bermasalah tidak selalu disebabkan kerusakan tapi banyaknya debu yang menempel juga bisa menjadi penyebabnya.

Baterai CMOS
CPU hidup, monitor diam tidak merespon bisa juga disebabkan oleh baterai motherboard atau baterai CMOS yang sudah waktunya diganti. Baterai motherboard memang jarang menjadi penyebab dari permasalahan ini, namun bagaimanapun juga baterai motherboard juga bisa mejadi penyebabnya sehingga Anda tetap harus melakukan pengecekan.

Jika baterai sudah waktunya diganti, silakan beli baterai motherboard di toko komputer. Harganya sekitar Rp 7000

Processor
CPU hidup dan tidak memunculkan apa-apa pada layar monitor juga bisa disebabkan oleh processor. Jika processor yang jadi biang keladinya, Anda bisa menggantinya dengan membeli processor yang baru.

Sama halnya dengan beberapa hardware pada CPU lainnya, setiap hardware yang tidak bekerja secara normal tidak selalu dikarenakan hardware tersebut mengalami kerusakan, tapi bisa juga dikarenakan hadrware tersebut berdebu atau pemasangannya tidak sempurna, jadi pastikan semua hardware sudah terpasanga dengan baik.

Indikator processor rusak diantaranya adalah processor dingin padahal CPU sudah nyala selama beberapa menit.

FAN/kipas
Apakah kipas CPU berputar secara normal? Jika masih berputar secara normal itu artinya kipas atau FAN CPU Anda masih dalam kondisi siap pakai. Perhatikan posisi FAN pada saat Anda memasangnya, karena pemasangan FAN yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan CPU hidup tapi tidak direspon oleh monitor.
Share ke:

7 Responses to "Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar"

  1. trouble yg saya alami sama hal nya dgn artikel yg anda buat,CPU nyala tp tdk tampil di monitor(no signal)
    tp trouble saya berawal dr meletup(korslet) pd PSU..
    saya udah ganti dgn PSU yg baru namun cpu menyala tp tdk tampil(no signal) pd monitor..
    apakah kejadian korslet pd PSU berpengaruh di bagian MB ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Berpengaruh juga sama MainBoard nya .
      Atau mungkin juga vga nya bermasalah.
      Permasalahannya sama kaya saya .
      Korslet Sa'at mau mengganti Power .

      Delete
  2. saya suda lakukan semuanya tetapi hasil masih sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gunakan monitor lain dulu, mungkin monitornya yang bermasalah.

      Delete
  3. Troublenya sama tuh, dr pas layar monitor tiba2 blank trus sy matiin dr cpu, pas dinyalain lagy cpu bunyi nyala tp monitor mati, kira2 2/3 bln yg lalu ini kjadiannya trus sy servis ktanya memorinya, tp masa skrg kaya gtu lagy sih! Emangnya kaya gtu cpet rusaknya ya? Padahal dah diganti! Sy n tmn2 sy ga ngerti sma skali, soalnya dikantor cwe smua n cuma da 3 org! Jd untk buka2 cpu itu ga mgkn bgd

    Baiknya gmna ya biar ga bgini mulu qlo dah dibenerin? Tkutnya org yg servisnya jg boong. Makanya skrg cpu nya bgni lagy!

    ReplyDelete
  4. saya sudah mencoba cara di atas tp masih tetap gambar tidak muncul

    apa bisa dari HDD bermasalah ?
    soalnya dari awal nyala ga ada bunyi Bep penanda HDD

    ReplyDelete
  5. Makasih dah bagi2 ilmunya....

    ReplyDelete

JANGAN LUPA, TINGGALKAN KOMENTAR ANDA!

- No active link.
- No promo / spam.
- Etis itu baik.
- Terimakasih atas komentar yang membangun.