Terbaru

Cara Reset Hp Android

Reset handphone diperlukan untuk berbagai keperluan, misalkan untuk mengatasi handphone yang sering mengalami hang, untuk me-refresh sistem, untuk memperbaiki OS error, dsb. Android seperti yang kita ketahui saat ini merupakan operating sistem (OS) ponsel yang paling banyak digunakan.

OS Android digunakan diberbagai vendor ponsel ternama, dan juga ponsel buatan Cina. Statistik penggunaan OS Android pada ponsel dari berbagai merk kian mengalami peningkatan dari hari ke hari, dan saat ini OS buatan Google ini sudah menjelma sebagai yang terpopuler dengan statistik penggunaan sekitar 70 % dari total OS ponsel saat ini.

Samsung merupakan perusahaan produsen smartphone kenamaan yang menggunakan OS Android, dan kerjasama antara perusahaan ponsel asal negeri Gingseng ini dengan Android ternyata membawa berkah, angka penjualan ponsel Samsung berbasis Android meningkat tajam dibeberapa negara, mulai Asia, Amerika, dan juga Eropah.

Brand featured phone lokal yang sebelumnya tidak mengeluarkan ponsel bertipe ponsel cerdas akhirnya ikut menggunakan OS Android, dan launching berbagai tipe smartphone yang juga mendapat sambutan hangat dipasar. Brand ponsel cerdas lokal yang menggunakan OS Android diantaranya, Cross, CSL Blueberry, Smartfren, dll.

Kembali ke pembahasan, cara me-reset handphone berbasis Android. Sebagaimana telah disinggung diatas, bahwa ada kalanya kita perlu me-reset sistem ponsel untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul, dan berikut ini adalah cara untuk melakukan reset atau mengembalikan pengaturan awal ponsel untuk ponsel yang menggunakan operating sistem Android.

Bergantung pada merk ponsel yang Anda gunakan, cara me-resetnya mungkin akan sedikit berbeda. Dan pada tutorial ini saya menggunakan smartphone Android merk Corsss (smartphone Cina).

Sebelum melakukan hard reset pada hp Android Anda, pastikan baterai ponsel tersisa 70 %, jika kurang dari 70 % silakan lakukan isi ulang baterai terlebih dulu.

Cara reset handphone Android #1

  • Matikan ponsel Anda.
  • Dalam keadaan ponsel Anda mati, silakan tekan tombol volume bawah + tombol power + tombol Home. Tekan secara bersamaan sampai muncul menu Recovery.
  • Setelah ponsel Anda berada pada menu Recovery, pilihlah menu Wipe Data/Factory Reset dengan menggunakan tombol volume.
  • Setelah Anda memilih menu Wipe Data/Factory Reset, silakan tunggu sampai proses resetting handphone selesai.
Cara reset handphone Android #2

Silakan masuk ke menu Settings.

Cara Reset Hp Android

Pilihlah menu Privacy, lalu Factory data reset.

Cara Reset Handphone Android


 Pilih menu Reset phone.

Reset Android
Img: Nicole Cozma

Note :
Tombol kombinasi untuk melakukan hard reset hp Android mungkin tidak sama antara satu merek ponsel dengan merk ponsel lainnya. Jika tombol kombinasi yang dijelaskan diatas tidak bekerja pada ponsel Anda, silakan mencoba dengan tombol kombinasi lainnya.

Hati-hati dalam melakukan hard reset dikarenakan jika Anda melakukannya secara tidak beraturan ia dapat menyebabkan ponsel Anda mengalami kerusakan.
Share ke: