Cara Setting Google Analytics di Blog

Google Analytics adalah web tool milik Google yang membantu para webmaster atau blogger untuk memonitor statistik weblog mereka secara real time dan mudah. Dengan menempatkan kode Google Analytics pada template blog Anda, statistik blog dapat diketahui secara detail, dan sangat membantu Anda untuk proses pengembangan blog kedepannya.

Sebenarnya ada banyak sekali web tool yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan blog dari waktu ke waktu, salah satunya adalah Histats. Dengan menempatkan kode javascript Histats di blog Anda sebenarnya statistik blog sudah bisa terbaca dengan baik. Namun, Google Analytics masih menjadi rujukan banyak orang sehingga blogger/webmaster masih membutuhkan Google Analytics untuk monitoring weblog yang mereka kelola.

Dengan menggunakan data yang didapat dari Google Analytics Anda bisa mengetahui berapa jumlah visitor blog Anda, total page view blog dalam kurun waktu tertentu, geografi visitor, tingkat kecendrungan visitor, popular pages, dan masih banyak lagi. Google Analytics memberikan banyak tools berguna yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan blog Anda.

Buat Anda yang belum membuat akun Google Analytics, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat akun Google Analytics dan cara install kode Google Analytics di blog.

Silakan masuk ke Google Analytics

Sign in/masuk menggunakan akun Gmail Anda. 

Cara Setting Google Analytics di Blog

 Pada jendela selanjutnya, silakan klik tombol Sign Up.

Google Analytics

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, disana Anda diminta untuk mengisi form meliputi judul blog, URL, negara, dsb.


Setelah Anda mengisi form seperti gambar diatas, silakan klik tombol Get Tracking ID.

Kemudian klik tombol pernyataan persetujuan penggunaan layanan.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan ID Pelacakan seperti "UA-33154548-33" dan kode Pelacakan pada sebuah kotak.

Cara memasukkan script Google Analytic ID ke Blogger

Masuk ke Blogger > Settings > Other

Dibagian bawah ada "Analytics Web Property ID" dan masukan kode Tracking ID.



Save Settings.

Cara instalasi Tracking Code ke template blog


Masuk ke Blogger > Template > Edit HTML

Cari kode </body>

Paste kode Tracking di atas kode </body>.

Save template.

Selesai.

Setelah langkah-langkah diatas sempurna Anda lakukan, selanjutnya Anda tinggal masuk ke Google Analytics untuk mencari tahu statistik blog Anda secara detail dari waktu ke waktu. Data yang Anda dapat dari Google Analytics sangat membantu Anda untuk mengevaluasi kekurangan blog Anda.

Related posts: