Hasil Survey Pilgub Jawa Timur 2013

Hasil Survey Pilgub Jawa Timur 2013
Masyarakat Jawa Timur yang sudah memiliki hak suara akan melakukan pemilihan suara untuk pemilihan Gubernur Jatim priode 2014-2019. Pasangan incumbent, Soekarwo dan Saifullah Yusuf dalam hasil survey Lembaga Proximity masih dominan dengan perolehan suara sebanyak 62.2 persen. Dengan statistik tersebut, pasangan Pakde Karwo dan Gus Ipul masih berpeluang besar untuk kembali memimpin Jawa Timur pada priode mendatang.

Sesuai hasil penelitian yang dilakukan pada awal hingga pertengahan bulan Juni 2013 dengan menggunakan metode multi-stage random sampling dengan 1.200 responden dari 38 kabupaten/kota disemua kawasan Jawa Timur. Angka margin error mencapai 2,8 persen.

Presiden Direktur Lembaga Proximity, Whima Edy Nugroho menuturkan, pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf tetap dipercaya masyarakat Jawa Timur untuk kembali memimpin pada periode jabatan 2014-2019.

Ssmentara salah satu pasangan lainnya, pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Herman S Sumawiredja yang diusung oleh Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dan sejumlah partai kecil, mendapat 17,7 persen. Pasangan lainnya, Bambang Dwi Hartono dab Said Abdullah yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) mendapatkan sekitar 5 persen.

Sementara itu, untuk tingkat popularitas, masing-masing bakal calon gubernur Jatim, Soekarwo masih mendominasi, yaitu 89,9 persen. Berada diurutan kedua Khofifah Indar Parawansa (55,2 persen), Bambang Dwi Hartono (9,7 persen) dan Eggi Sudjana (3,6 persen).

Popularitas calon wakil gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mendapat simpati 62 persen, Herman Sumawiredja (10,9 persen), Said Abdullah (7,4 persen) dan Muhammad Sihat (2,6 persen).

Whima menuturkan, tingginya tingkat elektabilitas dan popularitas pasangan incumbent dikarenakan masyarakat menilai bahwa selama lima tahun masa kepemimpinannya, Soekarwo dan Saifullah Yusuf atau KarSa sudah teruji kepemimpinannya. Sementara Khofifah dan Herman dianggap masih belum teruji, dan sebagian masyarakat masih meragukan kualitas kepemimpinan pasangan ini.

Related posts: