Penyebab Alexa Rank Blog Terus Menurun

Penyebab Alexa Rank Blog Terus Menurun
Analisa Penyebab Alexa Rank Blog Memburuk -  Pada artikel sebelumnya kita sudah share tips untuk meningkatkan Alexa rank, dan kali ini kita akan mencoba berbagi analisa mengapa disaat blog semakin banyak pengunjung Alexa rank nya justru menurun.

Dalam posting sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu faktor yang paling dominan dalam pemeringkatan weblog oleh Alexa adalah faktor trafik. Akan tetapi trafik bukanlah faktor tunggal untuk mendapatkan ranking Alexa yang bagus, masih banyak faktor-faktor penting lainnya yang akan dijadikan ukuran oleh Alexa.

Jika Anda belum lama menggeluti bidang blogging, mungkin Anda akan tertanya-tanya ketika Anda mendapati Alexa rank blog Anda semakin menurun sementara pada saat yang bersamaan pengunjung blog Anda naik cukup signifikan. Ya, hal seperti ini sebenarnya tidak mengherankan, dan mari kita ungkap apa penyebabnya.

Sebelum membaca lanjutan artikel ini ada baiknya Anda sempatkan dulu untuk membaca artikel sebelumnya, yaitu trik untuk menaikkan Alexa rank blog supaya sedikit-banyak Anda menjadi mengerti bagaimana sebuah blog atau website itu bisa mendapatkan Alexa rank yang bagus.

Mengapa Alexa rank drop pada saat visitor blog mengalami kenaikan? Berikut beberapa jawaban yang mungkin belum Anda sadari.

Anda memilih niche/topik yang tidak terlalu populer

Untuk mendapatkan Alexa rank yang bagus memilih niche yang tepat adalah sebuah keharusan. Niche yang populer adalah niche yang tepat. Namun, niche tersebut harus bersifat jangka panjang (bukan trending).

Niche yang populer dan sifatnya jangka panjang, diantaranya niche seputar gadget, tutorial weblog, artikel kesehatan, dll.

Keluar dari niche / topik utama blog

Misalkan Anda membuat blog dengan tema seputar ilmu ngeblog, kemudian Anda memperbanyak posting tentang teknik pertanian, sudah pasti ranking blog Anda akan mengalami penurunan meskipun disisi lain blog Anda sedang mengalami peningkatan trafik.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah memilih niche yang tepat sebagaimana telah dijelaskan diatas, dan menjaga konten blog agar tetap relevan dengan niche/tema blog.

Minimnya page view

Peningkatan jumlah page view dapat menyebabkan Alexa rank blog membaik, dan disisi lain minimnya page view juga bisa menyebabkan Alexa rank blog menurun.

Page view merupakan salah satu faktor penting dalam pemeringkatan Alexa. Misalkan Anda punya sebuah blog dengan kunjungan harian 500 uv dan page view 1500, jumlah tersebut jauh lebih baik daripada blog yang trafik hariannya sebanyak 1000 uv tapi page view nya hanya 1800.

Usahakan page view blog Anda bisa ditingkatkan, setidakya dua kali lipat dari total trafik blog agar Alexa rank blog Anda tidak terus mengalami penurunan.

Jarang update 

Update merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga peringkat blog Anda. Jika Anda tidak melakukan penyegaran dalam jangka waktu yang cukup lama (tidak memposting artikel), maka hal tersebut dapat menurunkan Alexa rank blog Anda.

Menjaga konsistensi dan melakukan update secara terjadwal adalah cara ngeblog yang baik dan yang direkomendasikan. Lebih baik satu artikel dalam 1 minggu daripada lima artikel dalam satu hari tapi tidak berkelanjutan.

Faktor kompetitor

Semakin banyak orang ngeblog, tentunya semakin ketat pula persaingannya. Blog-blog baru yang terus bermunculan berpotensi besar untuk menggeser posisi blog Anda manakala blog-blog baru tersebut dinilai lebih bermutu dari blog Anda.

Terus kembangkan blog Anda. Lakukan perbaikan pada sisi-sisi yang masih memerlukan pembenahan agar kehadiran blog-blog baru tidak merebut Alexa rank blog Anda ketika sudah berada pada level yang bagus.

Blog tidak berkualitas

Blog itu identik dengan tulisan (blogging is writing/ngeblog adalah menulis). Jadi, secara garis besarnya sebuah blog dinilai berkualitas atau tidak adalah dari artikelnya. Jika Anda ingin mempertahankan Alexa rank blog Anda, maka Anda harus selalu memposting artikel yang berkualitas.

Ciri-ciri artikel yang berkualitas pada blog, diantaranya akurat dan relevan, original, dapat dipahami pembaca, tidak terlalu singkat, dst. Postinglah artikel yang berkualitas dan berguna bagi para pembaca agar peringkat/Alexa rank blog Anda terus membaik.

Related posts: