Penyebab Laptop Mati Sendiri

Penyebab Laptop Mati Sendiri
Laptop adalah salah satu perangkat berbasis komputer yang saat ini sudah digunakan oleh hampir semua kalangan, mulai kalangan pelajar, pebisnis, dst. Dengan bentuk fisiknya yang kecil laptop memang memudahkan para penggunanya untuk membawa perangkat pintar ini kemana saja sehingga tidak mengherankan jika laptop menjelma sebagai salah satu gadget pilihan.

Secara keseluruhan tidak ada bedanya antara laptop dengan PC. Yang membedakan hanya pada sisi fisiknya saja. Baik laptop maupun komputer (PC) keduanya memiliki kemampuan computing yang sama. Laptop menjadi salah satu gadget populer saat ini karena bisa cukup fleksibel dan bisa dibawah kemanapun untuk mendukung aktivitas pekerjaan maupun kegiatan-kegiatan akademis.

Laptop terdiri dari sejumlah komponen hardware yang berukuran mini. Cara penggunaan laptop harus bisa lebih dijaga jika dibandingkan penggunaan PC. Hal ini dikarenakan laptop cukup sensitif atau mudah mengalami gejala kerusakan pada sektor hardware apabila cara penggunaan si user tidak beraturan.

Artikel terkait yang mungkin berguna buat Anda :


Bergantung pada kualitas hardware yang ada pada laptop Anda, life time atau daya tahan masing-masing hardware tentunya berbeda sesuai dengan brand pabrikasi beserta harganya. Namun, dibalik faktor kualitas pabrikasi, penggunaan laptop secara teratur adalah yang harus diperhatikan. Dan berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop mati sendiri pada saat sedang digunakan.

Overheat
Jika temperatur CPU naik cukup tinggi, hal ini dengan mudah bisa menyebabkan laptop mati dengan sendirinya tanpa ada peringatan/warning dari sistem.

RAM rusak
Random Acess Memory atau yang disngkat RAM seringkali menjadi pemicu dibalik matinya laptop pada saat sedang digunanakan.

Hardisk rusak
Selain RAM, hardisk juga sering kali menjadi penyebab komputer tiba-tiba mati pada saat sedang digunakan. Silakan periksan kondisi hardisk laptop Anda apakah masih bagus atau sebaliknya.

Main board
Mainboard atau motherboard termasuk salah satu komponen utama komputer yang sangat riskan terjadi kurusakan apabila penggunaan laptop dilakukan dengan cara tidak beraturan.

Processor bermasalah
Seringkali kerusakan pada komputer PC, termasuk laptop disebabkan oleh adanya permasalahan pada prosesor. Perksa kondisi processor Anda untuk memastikan processor tersebut masih siap pakai. 

Related posts:

No response yet for "Penyebab Laptop Mati Sendiri"

Post a Comment