Penyebab Punggung Mudah Pegal

Penyebab Punggung Mudah Pegal
img: en.wikipedia.org
Punggung sering pegal-pegal biasanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Pada umumnya usia 20-30 tahun jarang menderita punggung mudah pegal karena pada usia tersebut seseorang masih dalam kebugaran. Lalu bagaimana jika masih berusia cukup muda tapi sudah sering mengalami nyeri/pegal pada punggung?

Secara teori, seseroang yang baru berusia belasan tahun (16-19 tahun) juga bisa menderita sakit punggung karena disebabkan oleh berbagai faktor. Pola hidup tidak sehat, kurang berolahraga, aktivitas berlebihan, konsumsi makanan yang salah, dsb. Pada sejumlah kasus, kebanyakan dari mereka yang mudah merasa pegal pada bagian punggung diusia muda lebih dikarenakan oleh pola hidup tidak teratur dan faktor konsumsi makanan.

Mudah merasa pegal dipunggung memang tidak terkategorikan sebagai salah satu permasalahan fisik yang mematikan. Akan tetapi, bagi sipenderita kondisi ini tentunya sangat menyiksa sekali, apalagi jika aktivitas yang bersangkutan cukup berat dan padat. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang menyebakan seseorang mudah merasa pegal dibagian punggung pada usia muda.

Kurang vitamin D
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami pegal-pegal dipunggung, meskipun yang bersangkutan masih berusia sangat muda.

Vitamin D dapat diperoleh melalui konsumsi makanan. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dengan cara-cara yang alamiah, seperti dengan berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari.

Jika pekerjaan Anda dilakukan didalam ruangan (kantor, rumah, dll), maka sebaiknya Anda menyempatkan diri menjemur tubuh Anda dipagi hari selama beberapa menit agar tubuh Anda dapat memperoleh vitamin D alami yang mencukupi.

Terlalu banyak duduk 
Duduk sepanjang hari selama menjalankan aktivitas pekerjaan juga sangat memungkinkan seseorang lebih mudah merasa pegal pada punggung. Orang yang pekerjaannya dilakukan dengan duduk selama 8 jam/hari sangat berpotensi mudah mengalami rasa pegal dibagian punggung.

Untuk mengimbangi aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan duduk, maka yang bersangkutan harus melakukan olahraga secukupnya. Sebelum berangkat kerja, sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu berolahraga dalam beberapa menit, dan dilakukan setiap hari.

Posisi tidur salah
Sebenarnya rasa pegal yang disebabkan oleh posisi tidur yang salah biasanya tidak akan berlangsung lama. Rasa pegal akibat salah memposisikan tubuh pada saat tidur biasanya akan menghilang dalam beberapa jam kemudian. Namun, jika seseorang kurang memperhatikan hal ini dan terus dilakukan secara berulang-ulang hal tersebut dapat menyebabkan punggung cendrung mudah mengalami pegal-pegal.

Buatlah kamar tidur Anda senyaman mungkin. Gunakan bantal yang bagus (empuk), dan jauhkan benda-benda keras dari ranjang Anda agar benda-benda keras tersebut tidak tertindih Anda pada saat Anda sedang tertidur.

Makanan bervitamin
Perbanyaklah untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin. Kekurangan vitamin menjadikan tubuh seseorang kekurangan gizi sehingga lebih mudah merasa lelah dan juga pegal pada bagian punggung.

Ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang bisa memberikan asupan vitamin. Jika Anda menyukai sayur-sayuran, Anda bisa memperbanyak konsumsi bayam, wortel, kacang hijau, brokoli, dll.  

Related posts: