Tentang Psikologi Pendidikan

Psikologi  Pendidikan
Sebelum kita mengenal lebih jauh apa itu psikologi pendidikan, mari kita melihat apa arti dari kedua kata tersebut menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI), Psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku, sedangkan pendidikan adalah menurut pemahaman saya adalah, suatu pengalaman atau pengetahuan yang di dapat di dalam suatu bangunan atau biasa kita sebut dengan sekolah, kampus, dll. Dari kedua kata ini saya menyimpulkan bahwa Psikologi Pendidikan adalah suatu ilmu dimana kita dapat mempelajari tentang perilaku seseorang baik seseorang itu dikatakan normal maupun abnormal.

Jika kita melihat bahasa aslinya yaitu bahasa Yunani, kata Psikologi ini terbagi menjadi dua kata yaitu, Psyche dan Logos, Psyche adalah jiwa sedangkan logos adalah ilmu. Namun bagaimana dengan pendapat para ahli mengenai Psikologi Pendidikan? Mari kita melihat lebih jauh, menurut :

A. Witherington, Psikologi Pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

B. Tardif, mengatakan Psikologi Pendidikan adalah sebuah studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

C. William James, Psikologi Pendidikan adalah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.

D. John B. Watson, definisi psikologi dirubah menjadi suatu ilmu pengetahuan tentang tingkah laku.

Kita sudah banyak melihat pengertian dari Psikologi Pendidikan ini, sekarang mari kita melihat sejarah berdirinya ilmu dari Psikologi ini, Psikologi Pendidikan didirikan oleh William James dan John Dewey lalu dilanjutkan oleh E.L. Thorndike, psikologi pendidikan ini didirikan sebelum awal abad ke-20. Latar belakang dari William James adalah ia berasal dari Amerika Serikat dan ia juga seorang filsuf terkenal sekaligus seorang pendiri Mazhab Pragmatisme, ia lahir tepat di New York tahun 1842, dan belajar di Universitas Harvard, selain di Universitas Harvard, William juga belajar di Jerman dan Perancis, ia juga mengajar di Universitas Harvard pada bidang anatomi, fisiologi, psikologi, dan filsafat sampai dengan tahun 1907.

John Dewey ia juga seorang filsuf dan terkenal dengan kekritisannya mengenai sosial, John Dewey dilahirkan pada tahun 1859 di Burlington, setelah menylesaikan studinya ia menjadi guru besar dalam bidang filsafat dan menjadi guru di beberapa universitas, ia menulis buku sebanyak 40 dan artikel sebanyak 700, ia menjadi seorang penggerak bagi kaum muda. Selanjutnya kita melihat latar belakang E.L Thorndike, ia lahir pada 31 Agustus 1874, ia adalah seorang psikologi Amerika yang hampir menghabiskan seluruh hidupnya di Teachers College, Columbia University. Inilah selitas latar belakang dari penggerak berdirinya Psikologi Pendidikan.

Mari kita manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari Psikologi Pendidikan ini menurut John M. Siddal. Menurut John M Siddal kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

  1. Bagaimana orang tua mengasuh kita mempengaruhi cara kita mengasuh anak-anak sendiri
  2. Bagaimana efektifitas psikoterapi dalam menerapi depresi
  3. Apa efek yang ditimbulkan oleh stres jangka anjang pada system kekebalan kita
  4. Dapatkah proses belajar diperbaiki dengan menggunakan obat yang mempermudah transmisi saraf.

Selain dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, kita juga dapat menjawab pertanyaan mengenai sosial, psikologi, konflik sosial dll. Bagaimana dengan anda? Manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dari psikologi pendidikan ini?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap kita yang membacanya, jika terdapat kesalahan dalam penulisan harap maklum.

Related posts:

No response yet for "Tentang Psikologi Pendidikan"

Post a Comment