Tips Agar Blog Tidak Dihapus Google

Tips Agar Blog Anda Tidak Dihapus Google
Blogger adalah bagian dari Google sebagai salah satu platform blog terpopuler saat ini. Sebagai blog gratisan (100% gratis) blogger memiliki banyak pengguna, termasuk pengguna di Indonesia. Engine blog Blogger gratis, namun disertai dengan beragam fitur yang sangat bagus sehingga tidak mengherankan jika banyak pecinta blog yang lebih memilih blogger katimbang engine blog lainnya.

Saat Anda memutuskan untuk blogging menggunakan platform Blogger Anda harus ttunduk dibawah syarat dan kebijakan Blogger. Kesalahan demi kesalahan yang terus dilakukan akan berimbas pada penghapusan blog oleh tim Blogger. Jika hal ini sampai menimpa Anda tentunya merupakan sebuah kerugian yang teramat sangat, apalagi jika blog tersebut sudah berusia dan memiliki banyak pengunjung.

Google sejatinya memang perusahaan berbasis IT yang sangat tegas dengan syarat dan ketentuan yang sudah mereka tetapkan. Begitu juga dengan Blogger yang merupakan bagian dari Google. Anda harus senantiasa mematuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan agar blog yang Anda bangun menggunakan Blogger tetap aman dan tidak akan menjadi korban penghapusan.

Beberapa waktu lalu sobat blogger dikejutkan dengan dihapusnya blog ber-platform Blogger yang dihapus oleh Google. Adalah Terselubung (terselubung.blogspot.com), sebuah blog unik dengan puluhan ribu artikel dan puluhan ribu visitor/hari harus hilang dari jagat maya setelah dihapus oleh tim Blogger. Terselubung merupakan blog (sub domain) dengan jumlah pengunjung paling banyak se-Indonesia semenjak beberapa tahun. Karena dianggap menyalahi syarat dan ketentuan layanan pemilik Terselubung harus merelakan blog tercintanya ditidakan oleh Google.

Buat sobat blogger yang merasa was-was menjadi salah satu korban penghapusan secara sepihak oleh tim Blogger, berikut ini adalah tips untuk menjaga blog Anda agar tidak dihapus oleh Google.

Jangan melakukan tindakan spamming
Google/Blogger team sangat membenci prilaku spamming. Jika blog Anda terindikasi sebagai blog spam, maka cepat atau lambat kemungkinan besar blog Anda tidak akan selamat. Spamming adalah kegiatan ilegal yang benar-benar harus Anda hindari atau siap menerima konsekuensinya, yaitu penghapusan blog.

Jangan copy-paste artikel dari blog lain
Google tidak menyukai blog yang dibuat hanya untuk menduplikasi artikel dari blog lain. Jangan membiasakan diri meng-copy artikel dari weblog lain, apalagi tanpa menyertakan link sumber karena hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan blog Anda. Selain itu, jika Anda ingin menjadi blogger sukses, kegiatan copy-paste artikel dari blog lain merupakan salah satu larangan yang benar-benar harus Anda hindari.

Jangan memasang script terlarang pada template
Dengan memanfaatkan fungsionalitas kode javascript kita bisa melakukan banyak hal, namun ada batasan-batasan tertentu yang tidak boleh dilanggar. Jangan menggunakan Javascript untuk tujuan-tujuan yang sifatnya terlarang. Saya tidak perlua menguraikan lebih lanjut, karena saya yakin sobat blogger sudah memahami apa yang saya maksudkan.

Lakukan link building secara natural
Blog sangat membutuhkan backlink karena backlink adalah sebuah link referal yang dalam pemahaman SEO ia akan memberikan vote kepada blog kita. Namun, Anda harus menghindari teknik link building yang salah, yaitu link building yang dilakukan secara membabi-buta tanpa memperhatikan tata cara dalam membangun backlink yang sehat. Link building harus dibangun secara natural dan memiliki nilai relavansi yang baik.

Periksa kesehatan blog Anda
Blog yang tidak sehat dalam penilaian Google juga sangat rentang untuk menjadi korban penghapusan. Blog tidak sehat adalah blog yang melakukan praktik-praktik terlarang dan tidak sesuai dengan pedoman Blogger.

Periksa kesehatan blog Anda dengan mengunjungi Google Webmaster Tools secara terjadwal. Jangan biarkan blog Anda menyimpan sekian banyak page not found, karena blog yang terlalu banyak memiliki page not found sejatinya sangat terancam sekali.

Demikian tips untuk menjaga blog agar terbebas dari ancaman penghapusan secara sepihak oleh Google/Blogger. Jangan melanggar syarat dan kebijakan Blogger suapaya blog Anda tetap aman dan selalu exist.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Blog Tidak Dihapus Google"

Post a Comment