Tips Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Template adalah salah satu aspek terpenting dalam proses pengembangan dan optimasi blog. Template merupakan wadah dari semua konten yang ada pada blog sehingga salah dalam memilih template bisa berdampak sangat buruk bagi perkembangan blog.

Dalam mengembangkan blog menuju predikat “optimized” ada dua kaedah optimasi yang akan menentukan kualitas suatu blog. Yang pertama adalah optimasi mesin pencari on-page (SEO on-page), dan yang kedua adalah optimasi mesin pencari yang sifatnya off-page (SEO off-page).

SEO off-page adalah teknik optimasi blog yang dilakukan oleh seorang blogger diluar lingkup blog, seperti berpromosi, membangun backlink, submit artikel ke situs social bookmark, dst. Sementara SEO on-page merupakan teknik SEO yang dilakukan dalam ruang blog itu sendiri.

Ada banyak sekali bentuk-bentuk kegiatan blogger yang mencirikan sebuah kegiatan optimasi on-page, seperti membuat artikel yang berkualitas, menghubungkan satu artikel dengan artikel relevan lainnya, memberikan tag pada gambar posting, dan juga menggunakan template yang SEO friendly.

Teknik optimasi on-page sangat berkaitan rapat dengan template, oleh karena itu memilih template yang tepat adalah sebuah prioritas bagi blogger. Dalam memilih template jangan hanya mengedepankan tampilan semata, tapi yang harus diutamakan adalah muatan SEO pada template tersebut.

Tips Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Template yang dari sisi tampilan terlihat bagus bukan berarti bagus dalam sisi lainnya (SEO friendly), dan mendukung kegiatan optimasi yang Anda lakukan. Anda harus memeriksa template dalam sejumlah hal sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Dan ciri-ciri template yang SEO friendly, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki tag heading yang baik
  • Ringan / fast loads
  • User friendly
  • Mudah di navigasi
  • Tidak memuat banyak gambar
  • Dll.

Itulah beberapa indikasi suatu template bisa dikatakan SEO friendly. Susunan tag heading template harus bagus, karena hal tersebut akan membantu artikel Anda lebih mudah ditemukan search engine. Selain itu, template juga harus ringan agar spider Google mampu merayapi semua isi blog Anda secara cepat. Gunakan template yang berukuran kurang dari 80 kb.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas muatan SEO pada template, dimana dalam bahasan tersebut sudah dijelaskan bahwasannya template memang sangat mempengaruhi blog, dan salah dalam memilih template bisa berakibat pada perolehan trafik yang kurang maksimal.

Optimalkan output/hasil optimasi SEO on-page Anda dengan menggunakan template yang memenuhi kriteria template SEO friendly. Jika Anda masih merasa kurang yakin dengan template yang Anda gunakan saat ini, segera lakukan pemeriksaan dan gantilah template Anda jika memang harus.

Note :
Harap diperhatikan juga, bahwa mengganti template blog tidak boleh dilakukan semaunya Anda. Jangan terlalu sering mengganti template, karena ia akan berimbas buruk pada blog.

Related posts:

No response yet for "Tips Memilih Template Blog Yang SEO Friendly"

Post a Comment