Tips Mengelola Blog Secara Benar

Tips Mengelola Blog Secara Benar
Cara merawat dan mengembangkan blog secara benar akan menjadi bahasan kita pada serial posting artikel tips blogging kali ini. Seperti yang kita tahu bahwa aktivitas ngeblog merupakan sebuah kegiatan berjangka panjang yang membutuhkan waktu untuk melakukan perawatan dan pengembangan secara konsisten agar blog yang kita bangun mampu bersaing dengan blog-blog lain dan bisa mendatangkan pengunjung secara maksimal.

Pada artikel mengapa banyak blogger Indonesia yang gagal sudah diuraikan beberapa permasalahan mendasar yang menjadi penyebab gagalnya meraih kesuksesan dari blogging, dan salah satu dari permasalahan tersebut adalah dikarenakan kurangnya nilai konsistensi pada sebagian besar blogger tanah air. Karena blogging menuntut kita untuk tetap fokus dan berkarya, maka kita tidak boleh membiarkan blog fakum dalam jangka waktu yang lama.

Setelah Anda selesai membuat sebuah blog dengan diikuti langkah-langkah pengembangan dari waktu ke waktu sampai mampu mendatangkan trafik tinggi, tugas Anda selanjutnya yang akan terus Anda lakukan secara berkelanjutan adalah merawat dan memperlakukan blog Anda sebagaimana mestinya agar pencapaian yang sudah Anda torehkan berhasil dipertahankan, atau bahkan dimaksimalkan lagi.

Berikut beberapa tips untuk mengelola blog secara baik dan benar agar waktu yang sudah Anda luangkan untuk membangun blog Anda tidak terbuang percuma.

Update secara teratur
Setiap blog harus diupadte secara terjadwal. Ini sangat penting, karena blog yang fakum dalam waktu yang lama akan kehilangan visitor secara signifikan.

Menulis artikel SEO friendly
Jangan hanya menulis, tapi pastikan tulisan yang akan Anda publish merupakan artikel yang bermuatan SEO dan bisa memberikan pemahaman yang jelas kepada para pembaca. Hindari menulis artikel berhambur keyword, hal ini bukannya akan membantu artikel Anda muncul dihalaman pertama Google Search, tetapi justru hanya akan membuat blog Anda terindikasi sebagai blog spam.

Pastikan kesehatan blog
Jangan biarkan blog Anda bermasalah; banyak link error (page not found), server error (custom domain), terkait dengan weblog bermasalah, template bermasalah, dll. Cek kesehatan blog Anda melalui Google Webmaster Tools. Disana blog Anda akan didiagnosa secara detail.

Menanam backlink secara natural
Sudah memiliki banyak backlink bukan berarti Anda tidak perlu link building lagi. Semakin banyak backlink semakin bagus untuk perkembangan blog Anda, dengan catatan link building harus berjalan secara natural.

Analisa statistik blog
Lakukan analisa terhadap blog Anda. Pada Google Webmaster Tools sebenarnya sudah banyak sekali bahan/materi penting terkait progres/performa blog Anda sehingga Anda bisa mengembangkan blog Anda untuk bisa lebih baik lagi dengan menggunakan data statistik yang ada.

Selain menggunakan Google Webmaster Tools Anda juga bisa memanfaatkan web analytic Alexa untuk mengetahui popularitas blog Anda dan beberapa hal penting lainnya.

Related posts: