Tips Menjadi Orang Pintar

Tips Menjadi Orang Pintar
Dalam sisi tertentu pintar dan cerdas sebenarnya adalah dua hal yang terpisah. Cerdas merupakan kemampuan otak seseorang untuk memahami segala sesuatu dengan mudah. Pintar adalah pola pikir cemerlang seseorang yang diwujudkan dengan bentuk perbuatan dan terealisasi dalam sebuah hasil. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan, bahwa cerdas adalah sebuah keistimewaan yang dimiliki seseorang yang dapat dijadikan sebagai “alat” untuk menjadi pribadi yang pintar sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang sangat bernilai.

Pada dasarnya kecerdasan adalah sebuah anugerah dan tercipta secara alamiah. Namun, kemampuan otak dalam mencerna atau memahami sesuatu dapat diperbaiki dengan adanya pengasahan. Otak yang cerdas dapat tumbuh kurang maksimal, bahkan menjadi tumpul. Dan otak yang tumpul dapat berkembang dengan baik hingga ke level cerdas apabila dilakukan pengahasan secara baik. Itu artinya, diperlukan perlaukan yang tepat pada otak manusia supaya daya pemahaman yang ada dapat ditingkatkan.

Untuk bisa menjadi orang pintar, cerdas saja tidak cukup. Definisi pintar dalam artian yang luas tidak hanya dinilai dari satu sisi saja. Jika cerdas adalah alat untuk menjadikan Anda tumbuh pintar, maka Anda harus bisa menjaga dan memanfaatkan kecerdasan tersebut untuk perealisasian suatu hasil atau pencapaian. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi orang pintar yang bisa Anda emplmentasikan pada diri Anda.

Selalu berpikir positif
Segala sesuatu dimulai dari akal. Jika Anda selalu berpikir secara sehat, maka itu adalah sebuah modal penting bagi Anda untuk menjadikan diri Anda semakin lebih baik lagi.

Perkaya wawasan
Perbanyak wawasan Anda. Jangan biarkan diri Anda miskin wawasan, karena pola pikir cemerlang itu bisa tumbuh ketika Anda kaya wawasan.

Tutupi kekurangan Anda
Terus benahi kekurangn Anda seara perlahan. Cari tahu apa kekurangan dan kelemahan Anda, dan solusikan kekurangan/kelemahan tersebut dengan banyak belajar.

Bangun impian Anda
Mulailah membangun cita-cita Anda. Kerja keras, fokus, dan melakukannya dengan penuh kecintaan adalah kuncinya. Semakin sering Anda melakukan hal-hal positif, maka hal tersebut dapat meningkatkan pola pikir Anda.

Jadilah pribadi yang kuat
Latih diri Anda untuk menjadi pribadi yang kuat. Kecerdasan itu menjadi percuma jika Anda lemah, karena Anda akan dengan mudah dipengaruhi hal-hal negatif yang dapat merusak mental dan pola pikir Anda.

Related posts: