Cara Memperbaiki Komputer Loading Lambat

Cara Memperbaiki Komputer Loading Lambat
Kinerja sebuah komputer menjadi tidak maksimal atau loading lambat apabila terjadi gejala permasalahan. Gejala permasalahan yang dimaksudkan disini adalah permasalahan pada sektor hardware dan software. Komputer bisa bekerja secara maksimal apabila kedua perangkat, baik perangkat lunak (software), maupun perangkat keras (hardware) dalam kondisi saling mendukung.

Komputer loading lambat tidak selalu disebabkan oleh komponen hardware yang kurang baik, namun hal ini juga sering terjadi dikarenakan adanya gejala kerusakan pada hardware atu software corrupt. Untuk bisa memastikan apa penyebab komputer Anda bekerja dengan tidak maksimal yang perlu dilakukan adalah melakukan langkah-langkah diagnosa, baik diagnosa secara manual dengan memeriksa kondisi hardware, maupun diagnosa menggunakan bantuan aplikasi tertentu.

Baca juga artikel tips komputer berikut :


Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan loading komputer menjadi lambat. Dari kesekian kasus, salah satu diantaranya yang sering dialami user adalah terdapat infeksi virus pada system. Ketika operating system (OS) komputer sudah dijangkiti oleh virus, maka kondisi ini bisa menyebabkan loading komputer berjalan tidak seperti biasanya karena adanya aktivitas perusakan yang dilakukan oleh virus tersebut.

Berikut beberapa langkah untuk mendiagnosa permasalahan komputer loading lambat untuk mencari tahu permasalahan yang sebenarnya.

Cek kondisi hardware
Bukalah casing CPU Anda untuk melakukan pengecekan secara seksama semua komponen hardware pada CPU, meliputi random access memory (RAM), kipas/fan, power supply, dll. Pastikan RAM tidak bermasalah atau dipenuhi debu. Perhatikan juga putaran kipas pendingin processor, pastikan kipas masih bekerja dengan normal. Satu lagi yang terpenting, cek kondisi power supply. Hardware yang satu ini berfungsi untuk mengalirkan listrik, jika power supply rusak, maka segera menggantinya.

Cek data di komputer
Data yang tersimpan di hardisk juga memungkinkan terjadinya loading komputer lambat apabila data-data tersebut terinfeksi virus. Gunakan antivirus up to date untuk melakukan scanning. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan semua kapasitas hardisk. Menggunakan semua ruang penyimpanan hardisk juga bisa menyebabkan loading komputer relatif berat, terkeceuali kapasitas hardisk Anda berukuran kecil.

Periksa kondisi OS
Operating system adalah software utama yang menjadikan komputer mampu bekerja. Kesehatan OS akan menentukan seoptimal apa kinerja sebuah komputer. Apabila ada infeksi virus yang bisa menyebabkan file instalasi corrupt atau hilang hal ini bisa memicu lambatnya loading komputer Anda.

Saat Anda sedang menggunakan komputer, perhatikan apakah terdapat pesan-pesan tertentu yang menginformasikan adanya permasalahan pada komputer, misalnya ada file yang hilang. Jika ada, maka sebaiknya install ulang OS komputer Anda.

Menyikapi permasalahan diatas Anda juga bisa menggunakan bantuan antivirus, namun harap diingat, antivirus yang Anda gunakan sebaiknya antivirus yang up to date, karena seperti yang kita tahu bahwa variant virus terus bermunculan dari waktu ke waktu sehingga dibutuhkan sebuah antivirus yang up to date dan berkinerja bagus.

Related posts:

No response yet for "Cara Memperbaiki Komputer Loading Lambat"

Post a Comment