Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Log On

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Log On
Aktivitas sebagian orang  memang tidak bisa lepas dari computer, dimana seperti yang kita tahu perangkat pintar yang satu ini memang mampu membantu kita dalam melakukan banyak hal. Dengan adanya komputer aktivitas pekerjaan menjadi lebih mudah, dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat.

Teknologi komputerisasi sendiri terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Kecanggihan komputer semakin memanjakan para penggunanya untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan output kerja yang lebih maksimal. Diera modern ini komputer menjelma sebagai perangkat yang sangat mendukung aktivitas pekerjaan.

Sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya, disisi lain komputer juga bisa dengan mudah mengalami gejala kerusakan tertentu, dan hal ini dapat dipicu oleh berbagai hal. Komputer dapat mengalami gejala kerusakan sewaktu-waktu apabila si user memakainya secara kurang prosedural, kondisi hardware sudah sangat tua, aliran listrik tidak stabil (PC), dan faktor-faktor lainnya.

Baca juga artikel tips komputer berikut :


Dari sekian banyak jenis kerusakan pada komputer, salah satu diantaranya yang sangat sering dijumpai user adalah komputer gagal log on. Komputer tidak bisa masuk ke system merupakan salah satu gejala permasalahan pada PC yang cukup sering dijumpai oleh sebagian besar user. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk mendiagnosa permasalahan pada komputer sehingga tidak bisa log on.

Periksa komponen hardware
Komputer gagal log on dalam kebanyakan kasus sering kali disebabkan oleh adanya permasalahan pada sektor hardware. Beberapa jenis hardware yang sering kali menjadi titik permasalahan, diantaranya:

Random access memory (RAM)
Periksa kondisi RAM komputer, pastikan RAM tidak mengalami kerusakan. Untuk mempermudah proses diagnosa sebaiknya Anda gunakan RAM lainnya. Anda bisa meminjam RAM milik teman Anda jika tidak punya RAM cadangan.

Hardisk
Sama halnya dengan RAM, faktor hardisk bermasalah juga kerap kali menjadi penyebab gagal log on. Dalam sejumlah kasus, hardisk rusak memang sangat jarang ditemui untuk hardisk yang kondisinya masih relatif baru, namun bagi hardisk yang sudah cukup berusia kemungkinan terjadi bad sector pada hardisk cukup besar
.
Over heat
Komputer memanas dengan suhu panas yang sangat tinggi atau over heat disebabkan oleh kinerja kipas/FAN yang tidak maksimal. Jika CPU mengalami over heat, maka segera periksa kondisi kipas pada CPU. Apabila Anda mendapati putaran kipas sudah tidak maksimal, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kerusakan pada motherboard
Motherboard adalah panel utama dalam CPU. Adanya kerusakan pada motherboard akan membuat komputer Anda gagal berfungsi, namun ketika terjadi kerusakan pada motherboard mestinya komputer tidak lagi bisa dihidupkan. Bersihkan motherboard dari debu dengan menggunakan kuas.

Masalah operating system (OS)
Setelah Anda melakukan langkah-langkah pengecekan pada sektor hardware, dan masih belum menemukan solusinya, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal ulang OS komputer. Kinerja virus dapat merusak sistem sehingga terjadi corrupt pada file instalasi OS yang menyebabkan gagal log on.

Related posts:

No response yet for "Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Log On"

Post a Comment