Kilas Indonesia Super League (ISL)

Kilas Indonesia Super League (ISL)
Liga Super Indonesia atau ISL adalah level tertinggi dalam kompetisi sepakbola di tanah air. Liga Super Indonesia mulai bergulir sejak PSSI masih dibawah kepemimpinan Nurdin Halid, dan disponsori oleh perusahaan rokok lokal, Djarum Super.

Liga Super Indonesia diisi oleh tim-tim terbaik di Indonesia saat ini, yaitu Sriwijaya FC, Arema, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Mitra Kukar Kutai Kartanegara. Sepanjang ISL mulai digulirkan, Persipura Jayapura sudah berhasil meraih trofi juara untuk beberapa kali, dan diikuti oleh Sriwijaya FC.

Sebagai level tertinggi kompetisi nasional, Liga Super Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari para pecinta sepakbola di tanah air. Secara keseluruhan, setiap pertandingan ISL tidak pernah sepi pengunjung. Para pendukung masing-masing tim selalu menyaksikan tim kebanggaannya menjalani laga, baik untuk laga home maupun laga away.

Bagi para penggemar yang tidak bisa menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion, mereka juga tetap bisa menyaksikan tim kebanggaannya menjalani laga kompetisi melalui televisi. Stasiun televisi swasta ANTV dan TVONE menyiarkan pertandingan-pertandingan ISL secara langsung dan tunda sehingga para fans tetap bisa mengamati jalannya pertandingan tim-tim kesayangan mereka.

Title juara ISL pada musim 2012/2013 jatuh ke pelukan Persipura. Tim kebanggaan masyarakat Papua ini sudah dinobatkan sebagai jawara ISL 2012/2013 meskipun jadwal tanding mereka sebenarnya masih menyisakan empat laga. Perolehan poin Persipura sudah tidak mungkin dikejar oleh rival-rivalnya, dan dibawah kepelatihan Jackson F Tiago tim ini sukses menjadi juara ISL 2012/2013.

Tim mana yang akan keluar sebagai juara ISL musim 2013/2014 tampaknya masih cukup sulit untuk dijawab. Masih terlalu dini untuk memprediksi, apakah Sriwijaya, Arema, Mitra Kukar atau Persipura yang akan kembali menjuarai ISL musim 2013/2014. Waktu masih sangat panjang, dan masing-masing tim besar ISL saling memiliki peluang untuk mengakhiri liga dengan title sebagai juara.

Jika tidak terjadi perubahan signifikan pada masing-masing tim, sepertinya beberapa tim unggulan ISL pada musim lalu akan kembali menjadi kandidat kuat untuk menjuarai Liga Super Indonesia musim ini (2013/2014)

Related posts:

No response yet for "Kilas Indonesia Super League (ISL)"

Post a Comment