Penyebab Tumor dan Cara Mencegahnya

Penyebab Tumor dan Cara Mencegahnya
APA ITU TUMOR?
Tumor atau biasa yang disebut dengan neoplasma ini terjadi dikarenakan adanya pertumbuhan yang tidak semestinya pada bagian tubuh, dalam bahasa aslinya adalah tumere (bengkak).  Apakah kanker dan tumor itu sama? jelas berbeda, tidak semua tumor itu kanker karena tumor ini memiliki dua bentuk sifat yaitu bersifat jinak dan bersifat ganas.

Tumor jinak ini menyerang tissue namun tidak menyebarkan benih dan dapat diobati melalui operasi sedangkan yang bersifat ganas menciptakan metastasis dan kemungkinan di dalam tumor ganas ini terdapat sel kanker. Penyakit ini tidak hanya membuat hidup menderita, kematianpun dapat terjadi dengan adanya tumor di dalam tubuh manusia.

Tumor dapat menyerang otak, payudara, rahim, dan masih banyak lagi yang dapat menyerang tubuh kita. Jika kita melihat presentasi penderita penyakit tumor maka jumlah terbesar ada di negara Australia, mengapa hal ini terjadi? Karena faktor obesitas menajdi pemicu untuk timbulnya penyakit ini.

PENYEBAB

Mari kita lihat penyebab timbulnya penyakit tumor, penyakit tumor bisa diakibatkan karena :


  1. Berhentinya produksi pada norma-norma sel-sel di jaringan tertentu
  2. Bisa juga di akibatkan karena rusaknya sel normal yang ada di dalam tubuh sehingga sel-sel tidak berjalan seperti biasanya 
  3. Gaya hidup yang tidak sehat, misalnya peminum alkohol, perokok berat, obesitas (kegemukan) karena banyak memakan makanan yang kurang sehat. Pada point ini merupakan point yang paling sering dilakukan oleh setiap orang, maka dari itu cobalah untuk mengatur setiap pola makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita.
  4. Stress, siapa yang menyangkan bahwa stres dapat mengakibatkan penyakit berbahaya ini? Mengapa bisa terjadi? Karena saat kita mengalami stress maka sistem kekebalan tubuh kita menjadi menurun dan tubuh membutuhkan asupan yang bergizi dan bernutrisi, coba kita bayangkan, saat kita mengalami stress rasanya kita mengingini semua makanan sesuaid engan selera tanpa memperhatikan apakah makanan itu baik buat tubuh atau malah sebaliknya? Saat kita strees maka kadar asam yang ada di dalam tubuh kita semakin menumpuk sehingga tumor yang sangat menyukai zat asam, masuklah ke dalam tubuh kita.

MENCEGAH

Cegalah tumor sedini mungkin dengan melakukan istirahat yang cukup dan menghindari stress serta pola makan harus tetap diperhatikan, konsumsilah makan-makanan yang bergizi dan mulalilah mengkonsumsi buah-buahan segar, seperti pepaya, nanas, anggur merah, apel, belimbing, sirsak, semangka, lemon, jambu biji, rambutan, alpukat, dengan mengkonsumsi sayur-sayuran atau makanan seperti teh hijau, beras merah, bekatul beras, gandum, bawang putih dan masih banyak lagi, itu semua dapat membantu kita untuk mencegah timbulnya penyakit tumor.

Artikel ditulis oleh: Yan

Related posts: