Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman
Transaksi online sekarang ini sudah bukan suatu hal yang asing lagi. Kini Anda bisa berbelanja secara online dengan mudah, aman, dan cepat. Terdapat sekian banyak toko online terpercaya yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Untuk toko online lokal terpopular saat ini ada zalora.co.id, lazada.co.id, bhinneka.com, dsb. Toko-toko online tersebut menyediakan berbagai macam produk yang mungkin sedang Anda butuhkan.

Kendati ada banyak sekali toko online yang menawarkan berbagai macam produk sesuai kebutuhan para konsumen, sebaiknya Anda tetap bersikap waspada ketika hendak belanja secara online. Pastikan situs toko online tempat Anda ingin membeli barang tertentu merupakan situs toko online yang legal, dan terpercaya agar Anda tidak dirugikan usai mengeluarkan sejumlah uang.

Pada artikel ini kita akan berbagi tips bagaimana cara belanja online secara aman dengan memperhatikan beberapa poin penting sebelum memutuskan untuk membeli barang dari situs/toko online tertentu.

Keberadaan situs toko online
Dari sekian banyak situs toko online, tidak semuanya memiliki popularitas yang bagus, namun hal ini bukan berarti situs toko online tersebut berpotensi akan menipu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mencermati kondisi situs tersebut, apakah ada indikator yang meragukan atau tidak. Jika tidak ada indikator yang mencurigakan, maka Anda bisa berbelanja di situs tersebut.

Periksa laman profile situs
Ini adalah salah satu langkah terpenting guna mengetahui apakah situs toko online yang ingin Anda pilih merupakan situs toko online yang legal dan aman untuk belanja. Setiap toko online berusaha untuk menampakkan profile masing-masing dengan sangat terbuka, dan itu artinya jika Anda mendapati ada sebuah situs toko online yang terkesan tersembunyi-tersembunyi atau kurang terbuka maka sebaiknya Anda hindari situs toko online tersebut.

Akses komunkasi yang diberikan
Situs toko online terpercaya menyediakan berbagai macam metode atau cara dalam berkomunikasi kepada para pelanggannya, mulai komunikasi via email, telepon, live chat, dst. Apabila Anda menemukan sebuah situs toko online yang hanya menyediakan nomor ponsel untuk menghubungi via SMS, maka situs semacam ini kurang aman untuk Anda pilih.

Laman testimonial pada situs
Anda juga bisa membaca testimonial dari para pelanggan pada situs bersangkutan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengungkap jati diri suatu situs toko online. Namun, harap diingat juga bahwa testimonial bisa saja diisi sendiri oleh sipemilik/pembuat toko online. Yang harus Anda lakukan adalah membaca serta mengamati konten testimonial dengan sangat seksama.

Cari informasi atau review di internet
Gunakan Google Search untuk mencari informasi atau review tetang situs yang dimaksudkan. Jika hasil pencarian tentang situs yang dimaksudkan tidak ditemukan adanya korban penipuan atau hal-hal merugikan lainnya, maka ini sebuah indikasi bahwa situs tersebut memang bukan situs toko online penipuan. Namun, Anda tetap harus bersikap waspada, karena ada banyak sekali situs online di internet, dan ketika Anda mencari review tentang salah satu situs, review tersebut mungkin tidak selalu ada.

Related posts:

No response yet for "Tips Belanja Online Secara Aman"

Post a Comment